Thursday 16 October 2008

Yang Tersisa dari Liburan di Makassar




Bandara Sultan Hasanudin

Tahun ini Bandara Makassar sudah berubah, menjadi lebih modern dan konon setelah proses pembangunan bandara tersebut selesai seluruhnya akan menjadi bandara no 2 terbesar di Indonesia. Ini menurut berita yang gw baca di koran Fajar. Kebetulan juga, pada hari yang sama gw datang ke sana, siangnya bandara ini baru diresmikan oleh Presiden SBY (27 Oktober 2008). Tapi sudah mulai berfungsi sejak bulan September kalau nggak salah. Sedangkan bandara yang lama diambil alih oleh TNI AU.
Desain bandara Sultan Hasanudin ini diambil dari kapal pinisi, kapal tradisional khas Makassar dengan atap yang tinggi dengan banyak tiang-tiang putih dan kaca-kaca. Atapnya desain kotak-kotak dengan warna orange – putih dan biru – putih.
Kalau soal toilet, moga-moga sudah ada perbaikan. Karena menurut kabar, seperti bandara-bandara di Indonesia pada umumnya, toiletnya kurang bersih. Sedangkan waktu pulang ke Jakarta gw nggak mampir ke toiletnya.

KFC Coffee

Ada yang baru juga di Makassar, terletak di bekas bioskop 21 sekarang telah berdiri KFC yang konon juga, termasuk yang terbesar. Dan ada KFC Coffee-nya. Maklum saja pasar untuk tempat ngopi yang modern alias di cafe tempat ngopi kelihatannya masih kurang di sana. Mungkin masyarakat sana masih setia dengan tempat-tempat ngopi di warung tradisional dan yang paling terkenal adalah Phoenam. Dengan roti selai srikayanya yang top abis nggak kalah sama tempat ngopi ala Malaysia.
Iklan KFC Coffe yang tersebar di jalan juga dibuat keren dengan istilah Now Brewing KFC Coffee.

Black Canyon Coffee

Salah satu tempat yang ngopi di Makassar yang gw datengin adalah Black Canyon Coffee. Di Jakarta belum pernah nyoba, makanya waktu janjian sama temen kuliah dulu yang sekarang tinggal di Makassar, sekalian aja janjiannya di sini. Karena tempatnya juga strategis di Mall Ratu Indah. Kelihatannya, Black Canyon Coffee ini lumayan terkenal di Makassar, karena menurut informasi dari sodara gw, pengunjungnya juga selalu penuh dan sudah ada cabang yang lain. Kalo nggak salah ini coffee waralaba dari Thailand. Selain kopi di sini juga ada menu makanan yang lain, seperti soup, sandwich, nasi goreng, sup buntut, spagheti dan steak.



8 comments:

  1. wow......bagus banget ya mbak Ervita,.........mbak asal dari makasar ya...?

    ReplyDelete
  2. nggak, suami saya yg org Makassar, kmrn lebaran pulang ke sana

    ReplyDelete
  3. itu yang seperti tiang, banyak2 apa yaa.
    apa tali tiruan, menirukan tali layar ?

    unik jiuga

    ReplyDelete
  4. juanda surabaya toiletnya bersih, udah gitu suasana bandaranya nyaman banget, bersih dan rapi... bandara ini kan baru di renovasi... beda ama cengkareng yang suasananya berasa di stasiun...

    di hassanudin makasar keliatanya juga keren tuh mbak.....

    ReplyDelete
  5. keren banget yah,
    jadi pengen kesana nih.

    ReplyDelete
  6. yang ini juga mirip seperti yang di surabaya...

    ReplyDelete
  7. yang ini juga mirip seperti yang di surabaya...

    ReplyDelete
  8. ayo dong, pak dokter, ke Makassar...

    ReplyDelete