Monday 13 October 2008

Kabupaten Bantaeng, SulSel - Pemandian Eremerasa




Hari kedua Lebaran, kami berkunjung ke rumah saudara ipar gw di kabupaten Bantaeng. Kabupaten Bantaeng terletak di daerah pantai yang memanjang pada bagian barat dan timur sepanjang 21,5 kilometer dan kira-kira 2 jam perjalanan dengan mobil dari Makassar. Sepanjang perjalanan pemandangan berganti-ganti dari rumah-rumah panggung, sawah yang kering dan kadang menyusuri tepian pantai di sebelah kanan dan perbukitan di sebelah kiri. Ada bagian bukit yang kering dan gersang tetapi sebagian lagi bukit yang menghijau.
Tepat jam makan siang, sampailah kami di rumah tersebut yang ternyata berupa rumah panggung dan menurut pemilik rumah merupakan rumah yang sudah sangat tua usianya, berdiri sejak tahun 1885 dan mempunyai nama Balla Basia yang artinya rumah besi. Tiang-tiang rumah terbuat dari batang pohon dengan atap seng yang sangat tebal. Kelihatannya bukan seperti seng pada umumnya. Walaupun di luar sangat panas, tetapi di dalam rumah lumayan adem. Perabotannya masih terlihat kuno, seperti mejaa dan kursi juga tempat tidurnya dari besi yang memakai kelambu. Ada pula radio tua, foto-foto kuno serta peti kayu tua peninggalan sejak jaman dulu.
Ternyata kami telah disambut dengan makan siang yang luar biasa enaknya. Ikan bakar bumbu pedas, bandeng bakar, opor ayam dan es kelapa muda petik langsung dari pinggir pantai yang tidak jauh dari halaman belakang rumah.
Sekitar jam 3 sore, kami menuju pemandian Eremerasa yang terletak tidak jauh dari sana. Berupa mata air alami yang keluar dari bukit dan ditampung dalam sebuah kolam buatan dan dijadikan kolam renang. Ada juga aliran sungai yang bisa dipakai mandi-mandi. Tidak terlalu istimewa memang, udaranya juga tidak terlalu dingin. Apalagi karena masih suasana liburan, banyak orang berkunjung. Tetapi karena objek wisata terdekat hanya di sana, dan para keponakan sudah ingin mandi-mandi karena udara yang panas, jadi walaupun tempat tidak terlalu nyaman, tidak jadi masalah. Buat anak-anak kan yang penting bisa main air.

5 comments:

  1. Waduh raiyan montok ya, kebalikan si Max yg malas makan nih. Dikasih vitamin apa nih si Raiyan.

    ReplyDelete
  2. saya kasih curcuma plus dan madu anak-anak, tapi ini udah sebulan nggak mau minum susu botol lagi.. jd skrg dikasih susu kotak, itu aja jarang.

    ReplyDelete
  3. Raiyan msh inget g ga Vita hehehehe

    ReplyDelete
  4. iya ya...udah lama nggak ketemu niiih.... :)

    ReplyDelete