Wednesday 15 October 2008

RM Paotere, Makassar




Ke Makassar pastinya masih kurang lengkap kalau tidak makan ikan. RM Paotere ini terletak di dekat pelabuhan Paotere, mirip dengan pelabuhan Sunda Kelapa di Jakarta. Karena dekat pelabuhan, kesegaran ikannya sudah pasti terjamin. Buktinya, rumah makan ini sangat terkenal dan waktu gw dateng sekitar jam 3 sore, masih penuh pengunjung.
Pertama, kita ke bagian tempat ikan-ikan mentah yang ditaruh di box-box berisi es batu, untuk memilih ikan. Permintaan ikan kudu-kudu tidak ada karena sudah habis. Terpaksa ganti ikan yang lain, yaitu ikan kaneke, yang sewaktu belum dibakar cantik sekali warnanya, oranye kemerahan dengan totol-totol coklat. Yang lain, karena tidak ada lagi persediaan ikan dengan nama yang agak aneh, gw memesan ikan sunu. Rumah makan ini hanya menyediakan cara memasak ikan dengan cara dibakar dan digoreng, jadilah yang dipesan adalah ikan kaneke bakar dan ikan sunu goreng. Sayurannya, kalo nggak salah hanya menyediakan sayur santan (sejenis sayur lodeh) dan lalapan, tidak ada tumis kangkung dan sejenisnya.
Kalau misalnya ingin mencoba resto seafood yang lain yang lebih lengkap dan suasana lebih nyaman, bisa ke rumah makan Bahari, Lae-lae, Ratu Gurih, Dinar, dan Restorant Surya yang terkenal dengan kepiting saus asam manis atau kepiting lada hitam. Konon kepiting di sini enak banget, dan kalau udah pernah nyoba pasti bakal ketagihan. Gw sendiri belom pernah nyoba.
Back to Paotere, setelah agak lama menunggu ikan pesanan kami dibakar, akhirnya datang juga. Ikan kaneke dagingnya lumayan gurih dan lembut tapi masih lebih enak daging ikan sununya. O iya, sambal yang disajikan ada 4 macam, sambal kacang, sambal tomat, acar mangga dan campuran antara sambaal kacang dengan tomat. Kecap botolan tersedia di setiap meja, tapi kecap biasa, bukan kecap produksi makassar.

RM Paotere
Jl Sabutung Nomor 46, Makassar
Telp (0411) 326366

4 comments: