Friday 29 February 2008

Peluncuran Buku Kuliner Jalansutra




Acaranya dilaksanakan di Restoran Miranda (d/h Tan Goei) Jl Besuki, Menteng. Buku pertama dari seri Buku Kuliner Jalansutra ini berjudul Tempat Makan Jakarta Tempo Dulu. Yang merupakan kerjasama antara Jalansutra, dengan penerbit Pustaka Rumah (Kompas Gramedia).

Jam 3 sore walau hujan gw udah sampai di tempat acara dengan selamat, kebetulan sekali kantor dekat jadi naik bajaj 10 menit juga udah sampai.
Setelah isi buku tamu, dapet goodie bag yang berisi buku tersebut dan 2 buah tabloid, serta bolpoin dan note book.
Selanjutnya icip-icip makanan, kue basah risoles dan biterbalen, dadar isi fla yang rhumnya berasa banget, ada juga pisang goreng (nggak makan karena tidak terlalu suka pisang goreng) dan gorengan dari tepung ada kismisnya dan dimakan pake gula halus. Nggak ketinggalan lontong cap gomeh yang enak banget. Topingnya banyak dan lengkap. Favorit gw, risolesnya doong, sayang saya kurang banyak makannya. Nyesel deh..coba bisa dibawa pulang.. hehe..
Sempet dijelaskan oleh Kang Irvan, Sejarah Kuliner Indonesia, dari jaman Magellan yang membawa rempah-rempah sekitar tahun 700, ini yang gw inget aja ya, istri Raffles yang menemukan bahwa di Padang banyak warung yang berjualan makanan padang, Siti Nurbaya yang diracun dengan memakai lemang tapai, foto jadul tukang soto betawi pukulan, tahun 1960 gado-gado mulai booming, pertama kali berdiri es krim Ragusa, pertama kali KFC masuk ke Indonesia, Mc Donald pertama di Sarinah, resto Jepang pertama Kikugawa, kelahiran milis Jalansutra tahun 2003, pokoknya banyak..yang ujung-ujungnya peluncuran buku Kuliner Jalansutra tanggal 29 Februari 2008. Bisa ajah nih….kreatif dan sedikit kurang kerjaan – kata yang bikin.
Penjelasan memakan waktu 30 menit dan begitu selesai, bertepatan dengan dimulainya acara, dengan perkenalan para penulis buku, yaitu Cindy Christian, Andrew Mulianto, Lidia Tanod, Irvan Kartawiria, Adi, dan Grace Khoesuma. Tak lupa Pak Bondan Winarno memberi kata sambutan. Ada sesi doorprize juga.
Setelah itu acara selesai, para penulis diserbu untuk minta tanda tangan dan foto-foto.

10 comments:

  1. mm..ini udah ready stock di Gramedia kan yah?
    nanti sore beli aah.. ;-) thanks fyi

    ReplyDelete
  2. duuuhhh...
    dibilang jangan moto dari samping kiri....*gak pede*

    :p

    ReplyDelete
  3. trima kasiyy udah dateng yaa vita :) jangan kapok beli bukunya hehe..

    ReplyDelete
  4. ooh aku liat nih pas kamu lagi ambil photo ama Lidia..coba yah tau gitu kita kenalan..hehehe..

    ReplyDelete
  5. ini kue yang paling aku suka di tan goei, paling cepet abis ya kmaren... thanks ya Vit kmaren udah dateng :D

    ReplyDelete
  6. Ini memang lontong uennak..karena gak sempat daftar di acara ini, saya 'nyuri' start. sblm acara ini, sy sdh mampir bbrp hari sblmnya cobain lontong cap gomeh komplit. hahaha.
    btw, kmrin mampir ke aksara di kemang..msh blm ada buku ini. mungkin di gramed ya?
    Congrats buat semua teman2 JS!

    ReplyDelete
  7. Hay haaay jeeeung ... terimakasii sekali sudah dataaaaang yaaakkk ...
    Akhirnya kita bertemu jugak >:D<

    ReplyDelete
  8. dadar isi vla nya enak... namanya kan pancake... itu gw borong pas pulang dr tan goei.... hahaha....
    trus abis baca reviewnya...aku langsung ke binatu abin makan otak2 n es kelapa disana.....hehehe....

    ReplyDelete
  9. dadar isi vla nya enak... namanya kan pancake... itu gw borong pas pulang dr tan goei.... hahaha....
    trus abis baca review dr buku serial kulinernya...besoknya aku langsung ke binatu abin makan otak2 n es kelapa disana.....hehehe....

    ReplyDelete
  10. wahh sayang banget ga dateng....... knp ga dateng? kan asik ketemu temen2 js..n mods.... saya aja ampe bela2in cuti lho buat ikutan acara ini!

    ReplyDelete