Monday 18 August 2008

4BIA



Rating:
★★★★
Category:
Movies                  

Genre: Horror





From The Directors of Shutter and Alone : 4BIA – one of the best Thai Film of the year. Face Your Fears.
Begitulah tulisan di iklan film di Koran Kompas. Beruntung sebelum sempat nonton dapet tiket nonton gratis di Blitzmegaplex Grand Indonesia, Sabtu jam 10 pagi. Bener-bener deh, nggak matching banget di hari Sabtu pagi yang cerah malah nonton film horror
Film ini terdiri dari 4 film pendek dari 4 sutradara yang berbeda. Yongyoot Thngkotoon, Paween Purijitpanya, Banjong Pisanthanakun dan Parkpoom Wongpoom. Ke 4 film pendek itu sendiri berjudul : Happines (Kebahagiaan), Tit For Tat (Mata Ganti Mata), In The Middle (Di Tengah) dan Last Flight (Penerbangan 224). Mengangkat 4 rasa takut terbesar yang kerap menghantui manusia, kesepian, pembalasan dendam, rasa bersalah dan persaingan.
Film pertama bercerita tentang sms gelap yang diterima oleh seorang gadis yang mengalami kecelakaan sehingga kakinya patah, harus di gips dan tinggal sendirian di apartemennya. Film kedua tentang sekelompok anak sma yang melakukan kekerasan terhadap temannya yang ternyata memakai ilmu hitam. Film Ketiga mengenai sekelompok remaja yang berkemah di hutan yang meributkan posisi tidur di tengah-tengah, sampai salah satu diantaranya asal bilang kalau dia mati dia akan menghantui temannya yang berhasil tidur di tengah-tengah, dan dia benar-benar mati malam itu karena tenggelam. Film terakhir mengenai seorang pramugari ditugaskan dalam sebuah penerbangan khusus tanpa penumpang yang hanya membawa jenazah seorang putri kerajaan, dan putri kerajaan itu adalah istri selingkuhan dari pramugari tersebut.
Semua sutradara tersebut sukses membangun terror secara psikis dan membuat ketegangan secara terus menerus dari awal film sampai dengan anti klimaks di akhir film yang tidak bisa ditebak sebelumnya. Ketegangan di bangun dengan musik yang mencekam dan keheningan yang membuat penonton terpaku sepanjang film.
Sang hantu sendiri tidak sering muncul, dan di tiga film pertama hantunya adalah hantu laki-laki dan bukan hantu perempuan dengan rambut putih tergerai seperti biasanya. Malah di film ketiga tentang 4 orang teman yang pergi berkemah ada beberapa dialog kocak dan sedikit parodi tentang film-film horror.
Buat yang suka film horor, film ini wajib tonton. Tapi kalau yang ingin nonton hanya sekedar ingin tau, ya siap-siap aja bakal tegang sepanjang film. Kualitas film horor Thailand memang sudah tidak diragukan lagi, kapan ya film horor Indonesia bisa seperti itu?


3 comments:

  1. kapan ya film horor Indonesia bisa seperti itu?...yaa gak tau.....xixixi

    ReplyDelete
  2. seru banget ... jadi penasaran ... kapannya di putar di malang ????

    ReplyDelete
  3. thx buat reviewnya... ntar gw cari versi downloadnya ah... ;)

    ReplyDelete