Sunday 4 October 2009

Pelabuhan Paotere




Hari terakhir puasa, ngabuburit ke pelabuhan Paotere. Pelabuhannya masih ramai dengan aktivitas padahal besoknya sudah lebaran. Mungkin untuk melayani aktivitas penduduk ke pulau-pulau yang dekat.

Paotere adalah suatu pelabuhan perahu yang terletak di Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, Sulawesi Selatan. Pelabuhan yang berjarak ± 5 km (± 30 menit) dari pusat Kota Makassar ini merupakan salah satu pelabuhan rakyat warisan tempo doeloe yang masih bertahan dan merupakan bukti peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo sejak abad ke-14 sewaktu memberangkatkan sekitar 200 armada Perahu Phinisi ke Malaka.

Pelabuhan Paotere sekarang ini masih dipakai sebagai pelabuhan perahu-perahu rakyat seperti Phinisi dan Lambo dan juga menjadi pusat niaga nelayan, dimana dapat dilihat disepanjang jalan di pelabuhan berjejer toko-toko yang menjual berbagai macam jenis ikan kering, perlengkapan nelayan, serta beberapa restoran seafood. (wikipedia).
Untuk restoran seafoodnya yang terkenal adalah RM Ikan bakar Paotere, banyak jadi langganan tidak hanya dari penduduk Makassar tapi juga dari luar kota termasuk Jakarta.

2 comments: