Tuesday 6 October 2009

Melihat Pembuatan Kapal di Tana Beru, kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan




Di tengah perjalanan menuju Pantai Bira, singgah sejenak di daerah Tana Beru, di kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Daerah ini dikenal sebagai tempat pembuatan kapal / perahu tradisional dengan konstruksi kayu dan peralatan tradisional. Daerah ini juga dikenal dengan sebutan "Bumi Panrita Lopi", yang artinya Tempat bermukimnya ahli pembuat perahu.
Tidak sulit menemukan tempat pembuatan kapal ini karena langsung terlihat dari jalan raya yang bersisian dengan tepi pantai.
Setelah meminta ijin akhirnya kami bisa naik ke atas perahu dan melihat kesibukan mereka. Wah, benar-benar kami dibuat kagum dengan keahlian dan ketrampilan mereka dalam membuat kapal yang ukurannya termasuk lumayan besar. Supaya tidak panas, dipasang atap yang terbuat dari daun-daun.
Kami tidak lama singgah di sini, setelah puas berfoto ria, kami segera melanjutkan perjalanan ke pantai Bira. Tidak terlalu jauh dari tempat pembuatan kapal yang baru saja disinggahi, ada tempat pembuatan kapal lain yang ternyata kapalnya baru selesai dan sedang diuji coba berlayar untuk pertama kali. Sayang, kami tidak sempat mampir lagi karena hari sudah sore.

6 comments:

  1. Bagus bgt... nenek moyangku orang pelaut... :)

    ReplyDelete
  2. maf mbak infonya tolong di kirim ke email saya y...
    sebelumnya saya berterimakasih sekali atas bantuanya....

    ReplyDelete
  3. Meskipun pendek, tulisannya tetap menarik. Mohon izin yah... tulisan dan beberapa fotonya saya muat ulang di blog http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/, trims (Asnawin)

    ReplyDelete