Monday 15 September 2008

Keputusan

Sejak diberikan tanggung jawab atas operasional kantor, jabatan lama ditinggalkan oleh teman gw yang resign, masalah yang dihadapi ternyata tidak hanya klien dan pekerjaan, tetapi juga masalah yang satu ini yang terlihat tidak penting tapi bisa penting juga. Masalahnya adalah OB alias Office Boy kantor, yang dijadikan judul sinetron sitcom di RCTI itu.

OB kantor gw cuma satu,  namanya Mamat, umurnya sekitar 22 tahun. Sudah bekerja lumayan lama, sekitar 4 tahun. Tapi selama itu dia sudah 3 kali dapat SP alias Surat Peringatan. Belum lagi peringatan lisan sudah tidak terkira lagi banyaknya. Maklum OB satu ini banyak banget ulahnya, kalau datang ke kantor lebih banyak telatnya, dimana-mana OB kan harusnya datang lebih dulu dari karyawannya, tapi ini kebalikannya. Jadi dia bersih-bersih ketika kita semua udah siap kerja. Mengganggu banget kan. Memang,  rumahnya jauh di ciputat sana, tapi kan dia pakai motor, pasti bisalah datang pagi. Belum lagi ulahnya yang lain, menghilang ketika sedang dibutuhkan. Sewaktu dicari-cari, sampe ditelpon ke HPnya,  pasti alesannya lagi ke toilet, padahal kita semua tau kalo dia tidur atau nongkrong di warung seberang kantor. Kerjaan yang lain ya sama aja, harus dikasih perintah dulu baru dikerjakan, tidak ada inisiatifnya, sekali-kali kalo lagi bener lumayanlah, tapi lebih banyak lupanya jadi kita harus ngomel-ngomel dulu. Belum lagi kalo dikasih tau, pasang tampang sok lugu seolah-olah tidak melakukan kesalahan, trus ngambek dengan muka cemberut. Ih, BT banget nggak sih. Pokoknya ngelunjak banget, sok dibutuhkan. Kalau dia males-malesan karena alasan gaji, keterlaluan namanya, karena standar gajinya lumayan kok buat ukuran OB. Kantor gw juga kecil ukurannya jadi sebenernya kerjaan gak terlalu berat banget. Keluar kantor untuk ke tempat klien juga gak terlalu sering.

Terakhir di SP yang ke 3, diberi kesempatan selama 1 bulan untuk memperbaiki, kalau tidak akan kena skorsing.  Selama ini si Bos memang tidak memberikan tindakan lebih jauh karena beliau orangnya tidak tegaan. Jadilah gw yang kena tanggung jawab itu. Memutuskan nasib si Mamat, mesti ngomong sama si Mamat soal keputusan akhir dari kantor. Dan hari ini udah keluar keputusan dari bos, kalo si Mamat ini bakal di potong gaji pokoknya sebesar 50% dulu, berikutnya kalau udah dipotong 50% masih belum ada perubahan, ya..dipotong terus sampai ada perubahan. Dan ujung-ujungnya apa lagi kalau nggak di skorsing. Yah, supaya bisa jadi pelajaran buat Mamat kalau kerja itu nggak bisa seenak-enaknya.

 

 

 

21 comments:

  1. itulah salah satu tugas yg paling berat.
    kalau terpaksa mesti mengambil tindakan sama anak buah.
    tapi setealh dibina tidak ada perbaikan
    demi kebaikan bersama, tindakan yg tegas perlu dijatuhkan.

    sukses selalu.

    ReplyDelete
  2. emang elo pegang HRD juga tonk ? yahh kesian amat, posisi paling gak enak tuh

    ReplyDelete
  3. klo menurut aku mbak aku ajak bicara dari hati kehati dulu , kita tanya knapa dia kerjanya slalu kayak gitu .. apa benar alasan dia telat karna rumahnya jauh atau pas dia menghilang alasannya di toilet ,mungkin aja dia kerja nyambi di tempat lain untuk memenuhi kebutuhan keluarganya yang makin meningkat, nah setelah mbak ajak ngobrol baru deh mbak kasih pinalti ke pak mamat klo beliau masih seperti itu maka perusahaan telah menjatuhkan sanksi pemotongan gaji 50% dan apabila bapak masih melakukan kesalahan yang sama bapak akan kami berhentikan dari pekerjaan bapak di perusahaan ini . Gitu usulku

    ReplyDelete
  4. tull....
    kadang kita ngga tega untuk urusan seperti ini,
    tapi mau gmn lagi masa iya harus ngikutin keinginan sepihak yang justru ngerugiin banyak pihak =0

    jia you mba \(^_^)/

    ReplyDelete
  5. G SETUJU sama sakuraminamoto. Loe dah coba ngomong baik2 belom ama tuh orang. Di tempat gue juga gitu tuh obnya. tapi klo dah ngomong heart to heart pasti dia lebih ngerti. Sukses ya teman

    ReplyDelete
  6. sebenernya sama orang sebelum gw udah pernah diomongin baik2 gitu, memang berubah pada awalnya, berkisar seminggu, setelah itu ya....back to basic. Kumat lagi malesnya. capek banget, ta.

    ReplyDelete
  7. mbak, kalo udah pernah di tegur, diomongin baik-baik pake hati dan di SP nggak mempan, biasanya kalo aku... langsung aku panggil orangnya, aku tanyain apa maunya... dan biasanya pinalti aku keluarin, kalo pinalti nggak mempan juga.... ya maap aja deh silahkan resign dari kantorku.
    aku nggak pernah ngerasa nggak tega buat ngeluarin 1 orang dari kantor... bukan karena nggak punya hati, tapi karena aku sangat memikirkan karyawan lainnya, pastilah mereka terganggu karena ulah 1 orang ini... karena terganggu akibatnya mood kita jadi agak kacau, kalo udah gini ujungnya pasti ke kinerja kerja.

    ReplyDelete
  8. MAMAT....MAMAT....AYA AYA WAE......xixixi......,sering2 aja ngobrol be2 ma mamat ya bu hihihi biar lbh mengenal lg karakter nya.....( cie cie ..kwak kwak)

    ReplyDelete
  9. Akhirnya, hari ini gw udah manggil Mamad dan menyerahkan surat keputusan pemotongan gaji itu. Hmmm..... kita liat aja nanti.. ada perubahan nggak. Kalo nggak ya terpaksa deh... caari penggantinya yang lebih mau kerja.

    ReplyDelete
  10. gmn mbak ekspresinya waktu dapet surat keputusan itu ? kelihatan sedih or cuex bebek ?

    ReplyDelete
  11. semoga cepet beres ya mbak... tapi bener kan masalah beginian sangat menguras konsentrasi dan mood kita.

    ReplyDelete
  12. ya ampuuuun......raasanya udah mo marah deh.... Nggak ada ekspresi gitu deh... ditanya kenapa selama ini selalu melakukan kesalahan cuma diem aja, malah balik nanya, selama ini saya kerja kurang maksimal ya, mbak... Gubraaks.... please deh.... Aduh, kalo nggak inget puasa, udah deh...
    Tapi daripada capek2 mengeluarkan tenaga untuk kasih tau ini itu lagi mendingan tunggu aja lah ada perubahan atau nggak. capek. Bos saya selama ini lebih banyak di luar kota, jadi nggak menghadaapi sendiri, lah yang selama ini di kantor dan menghadapi dia setiap hari yang capek.

    ReplyDelete
  13. ASLM,,,maaf ya mb ervita,mau ngikut gabung ni"klw denger dari critanya kayanya tu mamad terll banget dehh?jjr sekarang aku jg lg bekerja jadi OB di sebuah perusahaan layanan internet di jakbar,tapi walaupu gaji q cuma 400rb/bln,,walaupun segitu,aku masih bersyukur masih dapet kerjaan,tapi apa yang udah menjadi tugas aku ya aku kerjakan dengan sebaik mungkin,,karena itu dah menjadi tugas aku,malah aku sering banget di kasih kerja an yang bukan kerjaan aku,contohnya:suruh transfer uang,kirim2barang,belum juga malem malem jam 23,00 masih ja di suruh2,suruh buka pintu suruh beli ini itu lah,ga ada uang lemburan lagi,tapi ya ngga papa tetep aku jalani,namanya aja manusia butuh kerja butuh uang untuk mencukupi kebutuhan,tapi ya sambil ngenjalanin yang ada ya sambil nyari lowongan lagi barang kali ada yang lebih baik,manusia hanya bisa berdoa dan berdoa.itu saja dari aku,,semoga ada orang yang mau ngasih kerjaan dengan penghasilan yang lebih baik dari sekarang ini.buat bapak /ibu yang butuh tenaga kerja sebagai OB,,aku siap kirim aja imail aja ke deniandrika@yahoo.co.id terimakasih.

    ReplyDelete
  14. terimakasih atas komentnya, nanti kalau kantor saya sedang membutuhkan saya akan hubungi.

    ReplyDelete
  15. nah tuh mbak ada yang marah ... btw semua kembali pada individunya , buat mas deni klo bth kerjaan coba de nglamar ke PT Gratika dijamin gak over dosis kerjaannya ... he he he

    ReplyDelete
  16. Sampai hari ini, tanggal 13 April 2009, berarti udah sekitar 7 bulan dari awal gw posting tentang persoalan Mamad ini. Dan ternyata segala skorsing serta pemotongan gaji tidak merubah Mamad menjadi lebih baik. Malah kejadian terakhir yang super duper parah adalah dia kembali mengulangi kesalahan yang sama seperti kejadian yang mengakibatkan dia di skorsing dulu. Bayangin, dengan seenaknya browsing situs di internet sehingga komputer kena virus dan microsoft memblok semua program sehingga tidak bisa dibuka. Awalnya, kita semua nggak ada yang menyangka dia yg melakukan hal tersebut, karena kita berpikir dia pulang kantor langsung pulang, eh ternyata baru ketauan dia nginep di kantor malam sebelumnya.
    Sebenernya, awal bulan ini my big boss udah memberi sinyal kalo dia bakal di PHK akhir bulan ini dan dengan kejadian ini makin bulat saja tekad untuk memPHK dia. Maaf, bukan tidak ada kesempatan tapi waktu sekian lama yang diberikan sudah cukup dan kamu harus menanggung semua resiko dari perbuatanmu.

    ReplyDelete
  17. wah klo udah kayak gitu mah kebangetan mbak ... udah di PHK ajah setuju banget aku , jadi inget kejadian OB di kantor cabangku , masi untung mbak ketahuan pake internet mbak , nah klo OBku malah di sergap polisi di kantor karna jadi TO pengedar narkoba ... ck ck ck

    ReplyDelete
  18. keputusan yang bagus mbak... daripada kacau semua.... istilah kejamnya... mending membunuh satu lalat daripada semua orang sakit perut....

    ReplyDelete