Tuesday 16 September 2008

Novel Laskar Pelangi

Film Laskar Pelangi yang akan diputar di bioskop tanggal 25 September, membuat gw inget kalo belum selesai membaca novelnya.

Mumpung kemarin malam Raiyan tidur cepat, gw kebut baca novelnya sampai jam 1 malem.

Memang sih agak telat, tapi gw memang nggak terlalu berminat baca novelnya, karena bakal ada filmnya aja jadi kepengen baca.

Jujur aja, gw sebenarnya kurang begitu suka akan novel ini. Membacanya membuat  capek, karena bahasanya yang agak berat dan berbunga-bunga. Tidak mengalir lancar dan membuat penasaran. Terlebih lagi, biasanya gw baca novel yang ringan-ringan ajah. Terakhir gw baca bukunya Pidi Baiq, Drunken Molen dan Drunken Monster yang isinya gokil abis itu.

Tapi tidak seluruh isi novel membosankan kok, ada bagian-bagian tertentu yang seru, seperti ketika Ikal jatuh cinta dan patah hati, karnaval 17 Agustus, pertandingan cerdas-cermat dan bagian akhir novel ketika diceritakan mengenai akhir kisah ke 10 anggota Laskar Pelangi setelah mereka lulus sekolah dan mencari jati dirinya masing-masing. Ada juga cerita ketika Flo bergabung dengan Laskar Pelangi. Selain itu, jujur aja, ada beberapa bagian yang gw skip alias nggak dibaca.

Yang penting gw mengerti jalan ceritanya, jadi ketika nonton filmnya bisa lebih menghayati. Karena waktu film Ayat-Ayat Cinta, justru kebalikannya, gw nonton filmnya dulu baru baca novelnya. Jadi nggak bisa membandingkan.

So, kita lihat sama-sama, bagaimana filmnya nanti. Mudah-mudahan tidak mengecewakan.

25 comments:

  1. novel laskar pelangi... memang agak berat buat dibaca pas kita lagi suntuk atau pas kita mau kebut-kebutan baca novel. aku baca buku ini sekitar 1 bulan-an baru abis, soalnya males buat ngelanjutin... berat, yang ada dipending mulu, dan bacaan yang cepet abis tetep komik.

    ReplyDelete
  2. Gw malah cepet bacanya. Karena gw tertarik gaya sastranya Andrea kali ya. 3 novel dlm waktu 1 minggu. Pgn cepet nonton nih. Bareng2 yuk

    ReplyDelete
  3. baru mau akan baca novel selanjutnya, apa sih judulnya Edensor ya? itu bagaimana bahasanya? masih berat nggak?

    ReplyDelete
  4. sekarang lagi baca The Time Traveller's Wife....belom abis2....nggak ada waktu nih...

    ReplyDelete
  5. Hmm... mungkin terasa berat karena banyak istilah-istilah asing dan rumus-rumus fisika. Tetapi bahasanya sendiri (walaupun terkadang hiperbolik), cukup menyenangkan dan tidak membosankan. Dibanding Ayat-ayat cinta wah, jauh pasti Ayat-ayat cinta sangat membosankan dan sangat datar.
    Novel berikutnya sang Pemimpi, lebih ringan, tetapi lebih terasa fiktifnya. Edensor lebih baik, walau tidak sebaik novel pertama. Maryamah Karpov lagi ditunggu nih.

    ReplyDelete
  6. Gw suka susunan kalimat dr andrea. Bener! Satu kalimat bs jadi cerita sendiri.
    Blm sempat beli traveler's wife! Lg sibuk bukber.. Haha

    ReplyDelete
  7. asik kali kalo dibikin nonton bareng...
    yang jelas pantainya bikin penasaran, bu musnya juga bikin penasaran...

    ReplyDelete
  8. hah???
    buku apa ini Vit???
    mengapakah dari judulnya saja,
    sepertinya begitu menarik?
    diduga aku pengen baca,
    hhhhhh...sama Vit, aku juga akhir2 ini jadi kepending baca2,
    biasanya aku baca sebelum tidur, menjelang tidur lah,
    tapi di bulan puasa ini sih, wadaw tubaaatt...
    ga punya waktu banyak

    ReplyDelete
  9. emang pantainya kenapa?
    informasi dong informasiiii pengen tau nih..TQ

    ReplyDelete
  10. 3 novelnya (LP, Sang pemimpi ama Edensor) saya kebut dalam 4 hari..heuheuheu...kebetulan aja suka model tulisan kayak Andrea..novel ringan ama komik gokil sih yaaa jauh lebih suka dong ahh..
    Mbi..Andrea gaya nulisnya deskriptif sekali (halahhhh..sok tau gw)..jadi dia bisa dengan lengkap melukiskan kondisi pulau Belitong, pantai2nya...kayaknya dia sih kalo nulis tentang keadaan pantai Belitong bisa jadi satu bab tersendiri...

    ReplyDelete
  11. Pinjem dong, kang....hehe... trus bacanya nggak boleh buru-buru, mesti punya banyak waktu biar lebih menghayati. Nggak bisa diseling sambil momong anak. :)

    ReplyDelete
  12. The Time Traveller's Wife, keren banget, mbak (sengaja biar makin penasaran), jadi suaminya bisa tiba-tiba berpindah waktu dan balik lagi. jadi mereka sudah ketemu sejak istrinya masih kecil dan suaminya sudah lebih tua, tapi akhirnya mereka berjodoh juga. Sisanya belum selesai..... baru juga 2 bab. hehe............

    ReplyDelete
  13. saya sih kalo baca, pasti berusaha beres dalam waktu singkat...bacanya sih nyantai, ga keburu-buru..cuman kalo pause-nya kepanjangan, suka ga enak nerusinnya..suka lupa-lupa gitu..maklum "short memory critical syndrome"..heuheuheu...

    ReplyDelete
  14. kang dare, katanya di opname? kata si m'mok, bener?

    ReplyDelete
  15. yaaa...kok sakit, mbak, obatnya mesti naca novel tuh... hehe...

    ReplyDelete
  16. Iya mbi...bokap kena typus...senna kena DB...
    Bokap dulu, nahhh..besokannya senna ujug2 panas..positif DB. Maklum, mereka bedua ituh solmet, hehehe..
    Ini juga abis sahur di RS..opera mini sungguh berjasa...semoga yang bikin dirahmati oleh-Nya, heuheuheu..

    ReplyDelete
  17. ..laskar pelangi...lagunya keren brow.....xixi

    ReplyDelete
  18. Yap...keren lagunya..pidioklipnya jg keren..

    ReplyDelete
  19. he he he...gw pikir cuma gw aja yang ngerasa capek baca buku ini, abis banyak istilah yg bikin inget waktu sekolah dulu....he he he
    tapi bab setelah si ikal mulai pacaran ceritanya mulai lancar.

    Btw, kemaren waktu Gramed diskon 30 % gw beli deh dua judul sisanya buat stok bacaan.... :)

    ReplyDelete
  20. wah kalo aku juga tertarik ma laskar pelangi, dah bacanya novelnya juga...sekarang lagi penasaran ma filmnya....

    ReplyDelete
  21. hehehe......maunya, nonton pilemnya dulu ah baru baca. :-)

    ReplyDelete
  22. mulai diputar 25 september loh...yuuukkk....

    ReplyDelete
  23. Waktu di kantor, saya pernah dikasih novel itu oleh Andrea sendiri, karena tidak tertarik baca saya berikan ke teman lain.

    ReplyDelete