Tuesday 30 January 2007

Tour Ke Pabrik Keju Gouda Sukabumi

Akhirnya tiba juga hari yang dinanti-nanti, tgl 27 Januari 2007 saya akan ikutan tour JalanSutra ke Sukabumi. Sesudah bangun jam 5.30, mandi pakai air panas dan menunggu dijemput adikku dengan manis sambil menonton TV. Tetapi ternyata, seperti biasa, adikku telat bangun dan kayaknya nggak mungkin sempat untuk sampe di rumah jam 6 tet, yang ada saya naik ojek ke Pintu 5 Senayan…Sampai di sana, sudah banyak orang yang datang, karena sudah hampir jam 6.30, cepet2 deh saya daftar ke mbak Titin dan dapet di bus 2. Saya nggak langsung naik ke bis tapi nunggu di luar dulu sambil ngobrol2 dengan Mas Wasis yang dengan PDnya saya sapa dengan Cak Uding. Nggak berapa lama, adek saya dateng, huh, BT banget deh…dengan tampang sok innocent, nggak ngaku kalo bangun kesiangan.

Bis berangkat jam 6.40, perjalanan lancar sampai Rancamaya berhenti ngambil snack yang dibeli di Bogor, ada tulisannya Bogor Permai. Lega banget, soalnya ni perut dah keroncongan dari tadi.

Jalan masuk ke Bukit Baros Cempaka adalah belokan ke kiri setelah jalan ke Pelabuhan Ratu, masih agak jauh juga ke dalam, jalannya kecil berliku-liku.  Akhirnya kami sampai juga. Sehabis ke toilet, kami langsung ke tempat pertemuan di atas, dan diberi minuman es kelapa muda., lalu kami mendengar penjelasan dari Panitia mengenai proses pembuatan keju Gouda tersebut. Menarik juga sih…setelah penjelasan dan berbagai macam games ada icip2 produk Gouda ini, ada lidah kucing, kastengels, chessestik, dll, lalu kita diberi daftar untuk memesan. Setelah itu kami dibagi menjadi 4 kelompok untuk peninjauan ke Pabrik. Saya termasuk kelompok 4. Pabriknya kecil dan  ternyata hanya boleh melihat proses pembuatan keju dari atas, tidak bisa lebih dekat, jadi sebenarnya kurang memuaskan. Setelah itu kami mendapat compliment keju, yoghurt dan pisang goreng keju. Setelah dari pabrik, makan siang sudah menanti, dengan menu nasi timbel, lauknya : empal, tempe, tahu, sayur asem dan kerupuk, lumayan, setelah menguras tenaga di jalanan yang menanjak selepas dari pabrik, bisa beristirahat sambil makan siang bersama. Setelah makan siang,  dimulailah demo masak dengan Chef Adi, yang pernah masuk TV dalam acara masak bersama Rommy Rafael. Saya sih nggak pernah nonton jadinya gak tau Chef Adi ini. Menu pertama Sup Kentang. Ketika akan masuk ke menu berikutnya, saya agak mulai bosan, dan melihat-lihat ke kejauhan tampak air sungai mengalir dengan batu-batu yang bertaburan di sana sini. Wah, kayaknya enak deh kalo merendam kaki di sungai. Apalagi sebelumnya saya lihat ada bapak dengan anaknya berjalan ke bawah ke arah sungai, berarti bukan saya saja kan yang melarikan diri dari demo masak? Hehe… dengan pura-pura cuek, saya ngeloyor aja ke bawah, menuruni undakan tanah, yang berujung di jalan raya kecil, turun lagi melalui jalan semen dan sampai di lapangan rumput yang luas, yang merupakan tempat Out Bound, Memang pabrik keju ini selain mempunyai acara berkunjung ke pabrik keju juga ada outboundnya dan mereka juga mempunya group hotel di Anyer dan Sukabumi. Sungai sudah dekat dan akhirnya kesampaian juga duduk di batu dan merendam kaki. Aduh segarnya…sambil melamun, melihat air sungai mengalir, merasakan desir angin pegunungan, panas jam 1 siang tidak terlalu dirasakan. Hampir setengah jam saya berada di sungai, begitu bapak dan anak yang berada di sungai naik ke atas, mereka mendapat pemberitahuan kalo demo masak sudah hampir selesai, saya yang tadinya ingin berlama-lama sebentar segera ikutan ke atas. Takut juga sih, jangan2 ada ular atau ada banjir bandang tiba2, kalo sampe ilang kan kasian panitianya. Begitu sampai di tempat demo masak, ternyata masakan dari Chef kedua yaitu Ari Parikesit sudah selesai, jadi langsung saja saya ikut beramai-ramai mencoba canapĂ© dengan keju yang lezat sekali, apalagi sehabis panas-panas di sungai. Setelah demo masak usai, dan mengambil serta membayar barang pesanan berupa keju dan kawan-kawannya, kami semua berfoto bersama Panitia Pabrik Keju Gouda dan segera masuk bis untuk menuju ke tempat berikutnya, yaitu Pabrik Moci. Ternyata selepas dari pabrik keju hujan turun dengan derasnya, huh..untung saja kita semua sudah berada di bus sehingga tidak kehujanan. Tak terasa, bisa sudah sampai di pabrik moci, jalan Otista 39, saya turun untuk antri membeli moci yang sudah dijual paket untuk para peserta. Dibawah guyuran hujan saya rela mengantri dan akhirnya moci sampai juga di tangan.

Perjalanan dilanjutkan ke kota Sukabumi dan berakhir di Alun-alun, dimana kami semua dibagi dalam kelompok-kelompok untuk berpencar membeli makanan dan oleh-oleh. Saya 1 rombongan dengan Arie dan pertama kali menuju ke Toko kopi, selanjutnya mobil yang menjual abon dan paru, sayang combro sudah habis, padahal saya sangat ingin makan combro. Setelah itu kami jalan kembali ke bis. Ketika sedang membeli bakso dekat bis, datang pak Icay membawa combro dan menawarkan kepada saya, akhirnya rasa penasaran saya terjawab sudah dengan gigitan pertama combro yang luar biasa empuk dan nikmat. Nggak jadi ngidam deh…

Di tengah perjalanan pulang, mampir ke pepes Rafflesia, di sana saya membeli pepes Tahu dan pepes Ayam. Sebenarnya pengen beli pepes Ikan sih, tapi karena yang bumbu iris sudah habis, saya hanya membeli pepes ayam dan tahu saja.  Dinginnya udara AC menemani sepanjang perjalanan pulang, terjebak kemacetan di perempatan Ciawi dan Cawang akhirnya kami sampai di Pintu 5 Senayan jam 20.30 malam dengan selamat.

1 comment:

1. duh loadnya agak berat nih... oh iya btw boleh tau nama pabriknya apa mbak...?? en punya kontak person pabriknya ga...? trims... sy tertarik