Saturday 3 April 2010

Kesenangan Raiyan Terbaru

Sejak memasuki umur 5 tahun, Raiyan sudah mulai lancar membaca. Dan mulai tampak keahliannya yang cukup menonjol yaitu cepat menghafalkan angka-angka. Bukan angka-angka yang berupa penjumlahan, tetapi angka-angka nomor polisi mobil. Awalnya saya tidak terlalu memperhatikan, karena yang biasa disebutkan adalah nomor polisi mobil di rumah yang setiap hari dilihatnya. Ternyata dia juga hafal nomor polisi mobil teman-temannya di sekolah. Jenis-jenis mobil pun dia cepat hafal. Sampai terkadang saya bingung ketika dia menyebutkan nomor mobil tertentu dan saya diharuskan menebaknya, dan ternyata itu nomor polisi mobil salah satu temannya di sekolah. Dan dia bisa hafal beberapa nomor mobil sekaligus beserta angka kecil di bawah plat nomor yang merupakan bulan dan tahun berakhirnya nomor polisi tersebut.
Nah, satu lagi kesenangannya yang lain adalah menanyakan tanda nomor polisi mobil, kalau hanya sekedar B, F, D, E, L tidak menjadi masalah karena hal tersebut merupakan pengetahuan umum, tetapi giliran menemui mobil-mobil dengan plat nomor yang tidak biasa seperti BE, G, BK dan lain-lain, giliran saya yang pusing karena tidak hafal.
Akhirnya satu-satunya solusi adalah searching di google untuk mendapatkan daftar nomor polisi mobil seluruh Indonesia dan mencatatnya serta membawanya kemanapun saya pergi, terutama ketika pergi dengan Raiyan, sehingga kalau tiba-tiba dia melihat tanda nomor polisi yang saya tidak tahu tinggal melihatnya di daftar. Beres deh.

2 comments: