Thursday 6 August 2009

Makan-makan di Rempah-Rempah Jl Senopati




Di daerah senopati semakin banyak saja resto baru bemunculan, diantaranya yang terbaru adalah resto Rempah-Rempah.. menyajikan makanan tradisional dan mengklaim sudah ada sejak tahun 1945. Berawal dari masakan keluarga yang berasal dari Tapanuli Selatan, melayani katering sebuah instaansi dan semakin lama semakin berkembang dan sekarang menjadi bisnis rumah makan.
Restonya sendiri bergaya minimalis tradisional dengan aksen jaman dulu, dengan hiasan foto-foto jadul di dinding, pernak-pernik jaman dulu-ada setrika arang dan gambar mainan tradisional berikut penjelasannya.
Untuk menu makanannya kami memesan Ikan Arsik yang berupa ikan mas tulang lunak ala Tapanuli dimasak dengan bermacam rempah sehingga menghasilkan rasa yang khas. Bebek Bengil ½ ekor, tertarik dengan penampilannya juga karena gw paling favorit dengan menu bebek. Bebeknya digoreng kering, dagingnya empuk dengan sambel yang berupa potongan cabe rawit.
Selain itu resto ini memiliki banyak masakan dengan bahan kepah yaitu kerang laut. Menu kepah yang kami pesan adalah Kepah Bakar, yaitu kepah laut manis yang dibakar dengan bumbu rempah manis dengan rasa pedas samar-samar.
Untuk sayurnya, pesanan standar, Tumis Kangkung Tauco. Oiya, pesan juga satu jenis sambal kalau nggak salah sambal sereh.
Sajian minumnya teh poci, es lemon sereh dan es kopi moka, nggak lupa dessertnya Es Pisang Ijo dan ditutup dengan Tape Bakar Keju. Tape bakarnya enak, tapenya pulen dan legit dengan taburan gula merah cair dan keju.
Masih banyak lagi sajian masakan dengan nama yang unik-unik, seperti Sop Senggang Halimun, yang berupa sop daging iga dari sumatra timur dengan memakai lada hitam, Ikan Asam Padeh, Balado Limbat yang berupa sajian dari ikan limbat dengan bumbu balado, Abon Tembakau Deli yang ternyata adalah irisan daging sapi yang digoreng dengan bumbu ketumbar, sayur asam kepah, sayur nangka lodeh, nasi tutug cianjur, serta bermacam-macam nasi goreng.
Menu minumannya dari jus sejuk raja, jus Ken Dedes, Kemarau Lombok dan Sunset Bali.
Makan-makan ini dalam rangka ulang tahun my hubby, awalnya sih gw mengusulkan untuk makan-makan di Kopi Tiam Oey, secara dia juga belom pernah ke sana dan pengen nyoba menu-menu barunya.
Ternyata dia sudah punya pilihan sendiri. Maklum lah, kantornya kan di daerah sini jadi kalau ada yang baru pasti doi lebih familiar.

Rempah-Rempah
Jl. Senopati Raya No. 60
Jakarta Selatan
Telp. 7254352

14 comments:

  1. Aq mgg ll coba rempah-rempah di plaza senayan tp kok menu, ambience & konsep restonya beda ya? Disana lbh nonjolin peranakan fine dining cuisine & hrgnya cukup mahal (porsi sedikit), nuansanya lbh k chinese javanese modern vintage gitu.. .. Hmm, jd penasaran pgn bandingin ni..

    ReplyDelete
  2. Aku juga sempet baca kalo ada Resto Rempah-rempah di PS tapi yang di sini tidak ada penjelasan punya cabang di PS. Berarti beda ya.
    Di sini range harganya masih standard cafe, bukan fine dining.

    ReplyDelete
  3. wah...jadi pengen nyoba.. ayo dong vit, kapan kita kulineran lagi??

    ReplyDelete
  4. iya nih...terlalu banyak godaan, padahal perut udah gendut gitu...:(

    ReplyDelete
  5. iya, kapan ya...wentje lagi sibuk siih...biasanya doi yg mengkoordinir kan?
    kasih tau wenny dong, ket...

    ReplyDelete
  6. rempah-rempah ini aneka makanan Indonesia yah ?

    ReplyDelete
  7. iya, tp di resto ini disebutnya kepah.

    ReplyDelete
  8. iya, masakan tradisional ind, tp beberapa masakan ala tapanuli selatan.

    ReplyDelete
  9. Ola,..kami dari management rempah-rempah di jalan senopati no.60 , jak sel , bermaksud menginformasikan bahwa , rempah2 senopati berbeda management dengan rempah2 di plasa senayan sehingga dari jenis makanannya pun berbeda , dan menurut data terakhir yang kami terima , restoran rempah2 yang ada di plasa senayan akan merubah namanya menjadi rumah rempah dalam jangka waktu 1-3 bulan, dan jenis makanan rempah2 disenopati adalah masakan nusantara ( ada dari sumatera,jawa,bali,Kalimantan,sulawesi ) yang merupakan resep turun temurun yang sudah disempurnakan dan diperkaya dengan citarasa rempah2 pilihan , demikian informasi ini kami sampaikan , kami tunggu kedatangannya di rempah2 senopati ...

    ReplyDelete
  10. okay, thanks atas penjelasannya ya..

    ReplyDelete
  11. halo...boleh minta info harga ga untuk makanan yg udah di coba? untuk perkiraan budget buka puasa bareng nih..
    makasih ya..;)

    ReplyDelete