Thursday 5 July 2007

Pekan Raya Jakarta

Karena acara hari sabtu dibatalkan, saya memutuskan untuk pergi ke Pekan Raya Jakarta di Kemayoran. Tadi malem Ida temen nge-gym deket rumah udah sms untuk ngajak ke sana kalau hari sabtu nggak ada acara. Wuihh…seneng banget deh, akhirnya bisa ke PRJ juga, secara udah lamaaa  banget nggak ke sana, sejak PRJ pindah ke Kemayoran., berarti udah 10 tahun lebih deh kalo nggak salah, abis pindahnya jauh banget sih. Males banget ke sananya. Udah gitu PRJ jaman dulu kan gitu-gitu aja kayaknya. Sekarang kelihatannya jauh lebih menarik, jadi kepengen juga ke sana lagi. Rencana awal sih pengen naik bis , tapi ternyata Ida udah sms pagi-pagi, ngajak naik motor aja. Ya udahlah, biar cepet sih emang naik motor, walo udah kebayang deh, panasnya kayak apa. Ada sih bis gratis dari monas ke PRJ tapi menurut info bisnya jarang karena cuma dikit. Berangkat jam 9.15 dari Bendungan Hilir, sampe 1 jam kemudian, karena macet. Sampe di loket ternyata belom buka, padahal jam buka kan jam 10. Ternyata computernya hang, trus karena sistemnya pake smart card gitu ya harus pake computer, bukan karcis yang tinggal disobek doang. Di deket loket tempat saya antri udah ada seorang ibu yang marah-marah, “computernya hang ya, mbak, makanya kalo mau pake teknologi yang canggih disiapin dulu, mau nyama-nyamain Singapore sih yang semuanya serba canggih..bla bla bla…

“ya udah bu pindah aja, ke Singapore….sahut saya, nggak terlalu keras sih, takut aja kalo ibu itu denger, tapi yang antri deket saya sih nengok ke saya sambil senyum- senyum. Ida temen saya bilang, “ati-ati kedengeran, nanti lo digetok pake payung.” Hehe…Akhirnya, loket dibuka juga, setelah membeli karcis (weekend Rp. 20.000, hari biasa Rp. 15.000) kita masuk ke arena PRJ yang luas. Karena Ida udah pengalaman ke PRJ tiap tahun, dia langsung ngajak ke hall tempat stand-stand dari Propinsi se Indonesia. Wah..seru juga, hampir seluruh propinsi ada standnya, dan memajang kerajinan dan makanan tradisionil ciri khas daerah masing-masing. Belanjaan pertama saya adalah sebotol madu anak, selain karena penjualnya yang komunikatif sekali, saya diberi harga special penglaris karena masih pagi. Di stand Aceh saya membeli kopi untuk oleh-oleh teman-teman saya yang baru datang dari Belanda. Di stand Sumatera Utara, Ida beli sirup terong belanda. Di stand Jawa Barat, saya dan Ida membeli Bajigur dan Bandrek yang dikemas rapih, dalam tas kertas kecil, berisi 5 bungkus. Selain Bandrek biasa yang pake ginseng ada juga Bandrek rasa kopi dan coklat yang gak pake ginseng. Saya juga membeli pembatas buku bercorak wayang di stand Yogyakarta, untuk teman Belanda saya. Selain itu saya juga mengambil brosur-brosur pariwisata di tiap daerah dan di stand Dinas Pariwisata, malah ada VCDnya juga yang diberikan secara gratis. Pasti teman-teman saya senang banget deh, mereka sangat antusias sekali dengan kebudayaan Indonesia. Selain itu saya juga membeli dodol garut Picnic dalam kemasan kecil seharga Rp. 2000, dan sebungkus kering oncom, Ida beli simping. Di Stand Kalimantan Tengah, dipajang souvenir berbentuk perahu kayu khas Kalimantan, tetapi setelah dipegang, loh kok dari karet, bukan dari kayu. Sewaktu ditanya ke penjaganya, dia bilang ‘supaya kalau jatuh tidak pecah dan kayunya udah nggak ada, mbak. Saya cuma bertanya-tanya aja, kok bisa sih, bukannya di Kalimantan banyak kayu?  Sempat juga membeli tas berbentuk aneka rok bercorak warna warni seharga Rp. 10.000,-,  berminat membeli banyak untuk dijual lagi bisa dikirim dari Surabaya.

Setelah puas melihat-lihat di 2 hall, kita istirahat sebentar, sambil beli minum.Di sini banyak banget stand-stand yang jual minuman dan makanan. Tinggal pilih deh mau yang mana. Tapi ati-ati aja sama penawaran untuk menukarkan potongan yang dikasih di pintu masuk untuk ditukarkan dengan minuman setelah ditambah Rp. 10.000,- soalnya itu cuma taktik bisnis, sebenernya sih harganya sama aja sama di supermarket, lebih mahal malah.  Walau udah jam 1 siang kok blom terasa lapar ya…ternyata karena selama di dalam hall tadi, di setiap stand yang memberikan tester makanan kita selalu ikutan icip-icip. Lumayan untuk ganjel perut, dari krupuk sampe kue dan minuman. Hehe…Lanjut lagi ke hall berikutnya, di sini memamerkan berbagai jenis spring bed, HP, alat penjernih air, provider HP dan lain-lain. Saya sempat ikutan download ring back tone untuk bisa ikut undian, tapi dasar belom beruntung, cuma dapet bolpoin. Setelah itu kita makan siang di gedung utama yang ada eskalatornya, kita makan di lantai 5 ada stand yang jual paket nasi goreng dan teh botol. Sebenernya stand-stand makanan yang lain ada di belakang arena PRJ seperti KFC dan Bakmi Gang Kelinci, dll, tapi ke sananya jauh, udah nggak kuat, capek banget dan panas. Alhasil, makan siang seadanya aja. Abis makan siang, perjalanan dilanjut lagi, mampir ke stand Gramedia, disini beli buku yang didiskon. Di sebelah stand Gramedia, ada stand produk-produk cina dan bisa foto pake baju cheongsam. Karena hari sudah agak sore, kita menyusuri stand-stand yang ada di halaman, ada stand motor, minuman, makanan ringan, susu, kopi dan masih banyak lagi. Dan semakin sore PRJ semakin ramai. Belanjaan bertambah dengan sepotong kaos bermerk harga diskon dan sekantung cheese stick. Karena sudah capek, kita memutuskan untuk pulang, soalnya masih harus menempuh perjalanan jauh dengan naik motor dan membawa gembolan belanjaan. Terpaksa melewatkan lokasi permainan, dimana ada balon udara yang bisa dinaiki dan flying fox. Sebelum pulang saya menyempatkan mampir dulu di stand American Donut, stand legendaris yang selalu ada sejak PRJ jaman dahulu kala. Tapi saya tidak membeli donat melainkan kue wafelnya. Tampilannya seperti wafel, bergaris-garis tapi bentuknya seperti sate dengan tusukan dari kayu seperti lidi tebal. Ini makanan favorit saya sewaktu saya masih playgroup di Pak Kasur, di kantinnya ada yang jual makanan seperti ini. Biasanya setelah saya pulang sekolah mama pasti beliin untuk saya. Seneng banget bisa nemu makanan ini lagi. Rotinya lembut dengan rasa manis yang pas. Kalau di American Donat ini ada yang isinya keju atau coklat. Saya pilih yang keju. Rasanya tidak berbeda dengan yang saya rasakan bertahun-tahun yang lalu.

O iya, di arena PRJ ini tidak akan kita temukan pedagang kerak telor yang menjadi cirri khas makanan tradisional betawi, mereka sudah diberikan tempat di sepanjang jalan raya menuju ke arenaPRJ. Mereka berjajar di pinggir jalan dengan jarak kurang dari 100 meter. Kasian juga melihat mereka kepanasan dan dengan jumlah yang begitu banyak pasti persaingan juga semakin keras. Sampai rumah rasanya capek banget tapi puas dan senang, tahun depan pasti saya datang lagi.

 

No comments:

Post a Comment