Tuesday 24 July 2007

Museum Nasional




Hari ini saya ikutan pintong Sahabat Museum ke Museum Nasional alias Musium Gajah. Udah lama ikutan milis Sahabat Museum tapi selalu nggak bisa ikutan acaranya. Ternyata pertama ikutan acara Sahabat Museum saya mendapat kejutan, saya bertemu dengan adik bokap dan anaknya yang sepupu saya. Nggak nyangka aja, ketemu beliau di sana, dan sama-sama baru kali pertama ikutan sahabat museum. Udah gitu nomer pesertanya berderetan pula. Hihi…
Setelah semua peserta berkumpul tujuan pertama adalah pameran Majapahit, di sini dipamerkan segala arca yang berhubungan dengan jaman Kerajaan Majapahit, termasuk di dalamnya replika rumah pada jaman itu dan maket daerah kekuasaan Majapahit di daerah Trowulan. Sewaktu Pak Dwi selaku pemandu sedang menerangkan, saya memang tidak mengikuti dan sempat menonton VCD tentang candi-candi di situs Trowulan. VCD bisa dibeli dengan harga Rp. 25.000,- Saya juga sempat liat-liat fosil yang dipamerkan di ruang sebelah. Sehabis itu saya dan Ida, mencar dari rombongan dan jalan-jalan sendiri. Masuk ke ruang pameran arca-arca dari tembaga dan ruang emas, di lantai 2. Di ruang emas ini dilarang untuk memotret dan ruangannya sepi banget, tidak ada orang lain selain kita berdua. Sebenernya sih untuk ke lantai 2 diberi tanda penghalang, tapi karena saya udah tanya sama bapak-bapak yang jaga dan boleh masuk jadi kita masuk aja. Sesuai dengan namanya semua yang dipamerin di sini mempunyai unsur emas, perhiasan-perhiasan emas, senjata, alat makan, tempat perhiasan dan lain-lain. Setelah puas dan hari sudah siang ditambah perut lapar, kita segera pulang.




4 comments:

  1. mba, gmn ya caranya buat ikutan Sahabat Museum, secara selama disini saya tertarik lihat2 Museum, sementara Museum di Indo baru beberapa kali masuk dan itupun kurang berkesan (ga punya fotonya maksudnya hihihihihi...)
    btw, salam kenal mba :)

    ReplyDelete
  2. menarik tuh sahabat musium..apa aja programnya?berapa anggotanya?apa syaratnya jd anggota?
    agendanya apa aja

    ReplyDelete
  3. mba ada interiornya ga,,,,tolong balas ya mba..terimakasih

    ReplyDelete
  4. mba..maksud saya..detail pada interior..seperti detail pada ornamen2 dinding atau plafon atau yang lainnya...jendela mungkin..pintu...mungkin ada interior yang menarik di dalam sana..hehehehehe, maklum blum pernah kesana. blum sempet...makasih ya mba..

    ReplyDelete