Sunday 29 December 2019

Wisata Kreatif Jakarta Walking Tour Little India, Happy Diwali




Diwali disebut juga Festival Cahaya dan merupakan perayaan bagi umat yang menganut agama Hindu khususnya keturunan India. Festival ini biasanya dilaksanakan pada bulan November setiap tahun. Festival Cahaya ini mempunyai arti kemenangan cahaya di atas kegelapan. 

Di Jakarta penganut agama Hindu keturunan India terbanyak berada di daerah Pasar Baru. Dalam rangka rangkaian perayaan Diwali, Jakarta Food Traveler mengadakan walking tour ke daerah pasar baru dimana hari raya Diwali dirayakan secara besar-besaran selama beberapa hari.  
Karena sudah lama ingin mengikuti tur ini saya segera mendaftar untuk acara tur di hari Senin tanggal 28 Oktober 2019.
Meet up point dilakukan di Gedung Antara Pasar Baru dimana di Museum itu saya sempatkan untuk mengabadikan keadaan di dalam Museum yang berisi foto-foto sejarah dan ada patung orang yang sedang mengambil foto yang cukup unik. Lantai satu terdiri dari dua buah ruangan, ruangan di sebelah adalah ruangan tempat diskusi dan pertemuan serta toko buku. Saya tidak menyempatkan diri ke lantai dua karena para peserta sudah mulai berdatangan dan tour akan segera dimulai. 








Perjalanan sore dan malam itu dimulai dari tempat pengobatan asli ala India Taj Mahal. Dengan ramuan yang konon berasal dari India bisa mengobati bermacam penyakit.  Selanjutnya kami meneruskan perjalanan ke arah pertokoan Pasar Baru yang ramai. Sudah sejak dulu kawasan Pasar Baru identik dengan daerah yang paling banyak mempunyai penduduk keturunan India. Kami singgah ke dua buah toko yang menjual pakaian tradisioanl India yaitu Sari.  Bajunya bagus-bagus dan berwarna cerah serta tokonya pun dihias dengan meriah menyambut perayaan Diwali. Kami bercakap-cakap dengan pemilik toko dan  foto bersama di depan toko tersebut bersama rombongan tour. 








Sepanjang jalan menuju toko kami melewati deretan rumah yang masih memiliki arsitektur rumah khas jaman dulu dan belum direnovasi. 


Setelah mampir ke sebuah supermarket khas India kami melanjutkan perjalanan menuju Gokul, Indian Vegetarian Resto yang menyajikan aneka makanan India dengan citarasa khas India asli.  Pilihan makanannya banyak sekali ada Vegetable Biryani, Mock Chicken Curry, Aloo Mutter, Plain Paratha dan Papaddum yang lezat. Kami memesan aneka ragam makanan dan saling icip-icip.  Di Resto tersebut ada hiasan tulisan Happy Diwali yang dibuat dari beras warna warni, unik dan bagus sekali. 

















Kenyang makan, kami menuju ke lokasi akhir dari tour kali ini yaitu Hare Krisna Temple tempat kami diundang ke acara ibadah keturunan India yang sedang merayakan Diwali. Hari ini adalah hari terakhir dan merupakan puncak perayaan. 
Mereka mengadakan acara doa bersama dan ada pertunjukan kesenian berupa tari tradisional India. Selama acara kami khusyuk mendengarkan ibadah mereka. Selesai ibadah dan acara tarian, kami dipersilakan mencicipi makanan yang sudah dihidangkan. Ada makanan khas mereka yang bernama Gulap Jamun yang terkenal dengan rasa manisnya. Ada beberapa jenis makanan lain yang disajikan dan kami icip-icip bersama.  Penampakannya seperti yang ada di foto. Sesuai dengan namanya Festival Cahaya maka setelah acara selesai anak-anak menyalakan kembang api di halaman. 




























Setelah selesai menikmati makanan dan berfoto bersama kami pulang dengan hati puas dengan pengalaman baru. 

Komunitas  Jakarta Food Traveler sendiri saat ini sudah berkembang menjadi komunitas Wisata Kreatif Jakarta. Wisata Kreatif Jakarta menawarkan beragam Walking Tour dengan beragam tema misalnya Wisata Bhineka (Wisata Rumah Ibadah Lintas Agama), Wisata Taman & Makam (Park & Cemetery Tour) serta banyak jadwal tour lainnya yang bisa dilihat di website mereka http://www.wisatakreatifjakarta.com/


No comments:

Post a Comment