Thursday 5 December 2019

Weekend Trip : Situ Gunung Suspension Bridge








Jembatan Gantung Situ Gunung alias Situ Gunung Suspension Bridge diresmikan pada tanggal 9 Maret 2019 oleh Menko Kemaritiman Bapak Luhut Binsar Panjaitan,
Jembatan yang memakan biaya sekitar 4 milyar rupiah ini langsung menjadi tujuan wisata yang instagramable karena lokasinya yang berada di tengah hutan dan dikelilingi puncak gunung di kejauhan. Jika datang pada pagi hari ketika masih berkabut pemadangan menjadi semakin cantik. Jembatan ini juga merupakan jembatan gantung yang paling panjang se Asia Tenggara dan lokasinya tidak terlalu jauh dari Jakarta. 

Kesempatan untuk mengunjungi Situ Gunung Suspension Bridge akhirnya datang dengan adanya tawaran dari grup Couchsurfing Runners. Kami memutuskan menggunakan alat trasportasi kereta api karena jika menggunakan mobil akan memakan waktu yang lebih lama. Macet di pasar Sukabumi tidak bisa dihindari.
Karena jadwal kereta Bogor - Sukabumi yang terbatas, kami memutuskan berangkat hari Sabtu tgl 5 Oktober 2019 pukul 13 siang dengan menggunakan Kereta Pangrango yang berangkat dari stasiun Paledang. Stasiun Paledang ini letaknya bersebelahan dengan stasiun Bogor. Tinggal menyeberang ke arah KFC di seberang stasiun dengan menggunakan jembatan penyeberangan.




Grup kami terdiri dari 12 orang masing-masing sudah memesan tiket sendiri-sendiri, ada yang mendapat tempat duduk eksekutif dan ekonomi. Tapi yang jelas semuanya sudah memakai AC jadi tetap nyaman.  Perjalanan Bogor - stasiun Cisaat ditempuh selama 2 jam, setelah itu kami berjalan menuju jalan raya Sukabumi untuk mencarter angkot menuju ke Villa. Di perjalanan kami mampir dulu ke pabrik tahu dan memborong satu besek tahu untuk cemilan di jalan. Sampai di jalan raya, kami menunggu Susan, salah satu teman kita yang tinggal di Sukabumi dan akan bergabung.
Sambil menunggu kami belanja di Alfamrt dan foto-foto. hehe..







Dua angkot telah dicarter dan tanpa membuang waktu angkot bergerak  masuk ke arah Situ Gunung, menuju tempat pemberhentian pertama yaitu Taman Strawberry. Kami mau leyeh-leyeh dulu sambil memberi kesempatan yang tadi hampir ketinggalan kereta untuk makan. Namanya sih Taman Strawberry tetapi karena saat itu bukan musimnya tidak ada strawberry yang tumbuh. Tempat makannya lumayan asyik untuk duduk-duduk karena ada bantal untuk lesehan dan dikelilingi danau.
Apalagi udaranya sejuk bikin mager dan ngantuk. Jadi terpaksa foto-foto biar nggak ngantuk. ihik..






Puas makan dan minum serta leyeh-leyeh kami menuju Vila Pelangi tempat kami menginap. Dinamakan Vila Pelangi karena atap vila-vila disana dicat warna warni. Pemandangannya lumayan bagus, pegunungan di kejauhan dan ijo-ijo bikin seger mata.
Setelah mendapat kamar masing-masing, kami mulai eksplore sekitar dan foto-foto lagi. Kamar kami depan kolam renang jadi semua ngumpul di sana sambil ngobrol.  Yang lain ada yang mandi dan beres-beres serta istirahat,  Sore menjelang malam kami makan indomie di warung. Seru ngobrol dan jalan bareng. Meriah deh pokoknya.





Karena hawa yang dingin malam itu saya tidur cepat supaya besok bisa bangun pagi dengan segar. Udara juga semakin malam makin dingin dan dapet selimut yang nyaman udah deh gak bisa beranjak dari kasur.

Paginya, mas Toton sudah sibuk membangunkan kami semua untuk segera bersiap-siap. Dan setelah sibuk gantian kamar mandi untuk siap-siap, kami akhirnya bergerak menuju jembatan yang hits itu. Mumpung masih pagi jadi masih sepi dan tidak antri.
Setelah berjalan sekitar 1 km, kami memasuki area Situ Gunung Bridge  Setelah membeli karcis kami melanjutkan perjalanan dan melewati  panggung dengan kursi-kursi yang berderet ke atas seperti teater.  Di sebelahnya ada kafe De Balcony yang masih tutup. Tapi saya sempat foto-foto disana. dan segera menyusul teman-teman yang sudah antri untuk melewati jembaran.
Sebelumnya kami diberi tali pengaman lengkap dengan harnes dan diberi gelang tanda masuk.
Selain kami ternyata sudah ada pengunjung yang datang pagi-pagi juga, malah udah ada rombongan berseragam yang foto-foto di tengah jembatan.









Saya menikmati setiap langkah melewati jembatan dan bersama teman-teman lain foto-foto sampai puas dengan berbagai gaya dan posisi. Disarankan untuk foto di pagi hari karena cuaca masih berkabut jadi hasil foto lebih bagus, ada kesan mistisnya berkabut gitu.
Hijaunya hutan di bawah kami seolah karpet raksasa berwarna hijau dan dikejauhan puncak gunung Gede menjadi latar belakang.

















Setelah menempuh perjalanan yang cukup lama karena kita foto-foto disetiap langkah kami sampai juga diseberang jembatan dan melanjutkan perjalan ke lokasi berikutnya yaitu Air Terjun Curug Sawer. Tidak diperbolehkan mandi di air terjun ini karena arusnya yang cukup deras, sehingga kami hanya foto-foto di sini dan melanjutkan perjalanan kembali menuju tujuan selanjutnya yaitu Danau Situ Gunung.

Sebelum memasuki area Air terjun Curug Sawer ada kompleks Situ Gunung Glamping, tempat berkenah yang sudah ditata sedemikian rupa sehingga menjadi tempat kemping yang nyaman. Selain menginap di Vila sebelum memasuki area Situ Gunung, para pengunjung juga bisa menginap di sini.

Di sekitar air terjun juga banyak tempat jual makanan dan minuman beraneka ragam, tinggal pilih sesuai selera.














Dari sini kami mulai berlari karena nelalui jalan yang dijadikan rute Situ Gunung Trail Run minggu sebelumnya. Walau hanya beberapa kilometer tetapi tanjakannya cukup pedas. Lumayan menghibur hati yang sudah lama tidak pernah ngetrail. Disini ada dua teman kami yang kembali duluan ke lokasi awal jembatan karena sakit.










Danau Situ Gunung sudah pernah saya kunjungi beberapa tahun lalu ketika menginap di Tanakita Camping Ground  ( http://ervitanw.blogspot.com/2012/03/camping-di-tanakita-sukabumi.html )
sudah lama juga, tahun 2012. Berbeda dari jaman dulu waktu saya datang, sekarang karena musim kemarau permukaan danau agak surut.

Setelah puas menikmati keindahan danau, dengan berlari kami kembali menuju tempat awal kami masuk ke area jembatan dimana ada panggung dan deretan kursi, yang sudah ramai dengan pengunjung.  Ketika kamu sampai di panggung sudah ada pertunjukan kesenian Sunda, yaitu tari-tarian dan pencak silat. Selain itu ada seorang bapak-bapak yang bergaya dengan satu tangan di atas tiang sehingga berkesan melayang. Banyak orang-orang yang berfoto dengan bapak itu.




Info Penginapam



Sambil melihat pertunjukan kami minum teh dan kopi serta makan cemilan pisang rebus dan ubi rebus. Wih, nikmat banget deh...

Setelah puas menikmati suasana dan makan minum kami menuju villa untuk mandi dan beres-beres.
Makan siang disediakan oleh pihak vila dan sambil makan kami mengisi kegiatan dengan bermain kartu dan ngobrol.

Angkot yang kemarin kita carter datang menjemput sekitar jam 13.30 dan kami segera diangkut menuju stasiun seperti saat waktu berangkat. Karena kereta baru berangkat sekitar jam 16.00 kami mengisi waktu dengan main kartu dan menunggu di warung dekat stasiun.

Perjalanan berjalan lancar, sampai di stasiun Paledang jalan kaki ke stasiun Bogor dan langsung naik Commuter Line menuju Jakarta.










1 comment:

  1. Jadwal film bioskop lengkap hari ini + harga tiket.https://nontonmovie13hd.com/ Jadwalnonton memudahkan kamu mencari jadwal film dan harga tiket di seluruh indonesia meliputi xxi, cgv, cinemaxx, new star cineplex (nsc), platinum cineplex, flix cinema dan lainnya. Jadwal terupdate setiap hari dan kamu juga bisa mencari bioskop terdekat dari tempat kamu berada. Hari ini, film ‘calon bini’ tayang perdana di yogyakarta. Hari ini, film ‘calon bini’ tayang perdana di yogyakarta. 5 februari 2019. Yogyakarta yogyakarta menjadi lokasi penayangan perdana film ‘calon bini’.https://nontonmovie13hd.com/ Film bergenre drama komedi mulai diputar di bioskop xxi jogja city mall hari ini, selasa 5 februari 2019.https://nontonmovie13hd.com/ Google.https://nontonmovie13hd.com/ Search the world's information, including webpages, images, videos and more. Google has many special features to help you find exactly what you're looking for.https://nontonmovie13hd.com/ Jadwal film bioskop cinema xxi pekanbaru terbaru maret 2019.https://nontonmovie13hd.com/ Tanggal 1 july 2014 adalah hari terakhir beroperasinya cinema xxi di tempat ini.https://nontonmovie13hd.com/ Mayoritas filmfilm yang diputar di cinema xxi merupakan filmfilm hollywood, baik yang terbaru, ataupun yang telah tersimpan lama.https://nontonmovie13hd.com/ Namun beberapa xxi juga turut memutar film indonesia, sesuai dengan lokasi dan pasar pengunjung pusat perbelanjaan yang bersangkutan.https://nontonmovie13hd.com/ Miung. Manfaat memakan buah kurma setiap hari buah kurma, buah yang identik dengan umat islam, yang berasal dari timur tengah ini pasti anda s.https://nontonmovie13hd.com/ Msn indonesia berita gaya hidup terbaru hari ini, zodiak.https://nontonmovie13hd.com/ Berita gaya hidup terbaru hari ini, zodiak, kesehatan, relationship, griya, kecantikan, keluarga, travel, kuliner, video & foto msn indonesia.https://nontonmovie13hd.com/

    ReplyDelete