Monday 19 March 2012

Camping di Tanakita, Sukabumi







Walaupun agak lama, perjalanan ke lokasi camping Tanakita tergolong cukup lancar. Maklumlah lokasinya sudah diujung hampir memasuki kota Sukabumi. Setelah melalui Lido kami tersendat di beberapa lokasi yang merupakan pasar yang memang selalu macet yaitu pasar Cicurug dan Cibadak tetapi setelah itu lancar sampai di polsek Cisaat dan menemukan belokan ke kiri sebelum Polsek tersebut.
Papan penunjuk menuju lokasi Tanakita tidak tersedia, tetapi karena letaknya dekat dengan pintu masuk taman nasional gunung gede pangrango, lokasi tersebut yang menjadi patokan. Setelah sekitar 30 menit menempuh perjalanan melalui jalan yang bergelombang dengan aspal yang terkelupas di sana sini, akhirnya sampailah kami di lokasi perkemahan ditengah hujan yang mulai menderas.
Setelah bertemu dengan petugas untuk registrasi kami diantar ke sebuah lapangan yang sudah lengkap dengan beberapa tenda yang cukup besar. Satu tenda besar tersebut terdiri dari 4 ruangan yang masing-masing dapat memuat 2 orang. Semua sudah lengkap dengan kasur dan selimut serta bantal. Untuk kamar mandinya berada di bangunan tersendiri yang bersebelahan dengan ruang makan dan halaman untuk berkumpul. Kamar mandinya bersih dengan nuansa batu alam serta yang penting tersedia air panas. Kalau tidak ada air panas nggak mungkin mandilah..
Pemandangan yang terhampar sungguh indah, sejauh mata memandang tampak hijau pepohonan menyejukkan mata dengan pegunungan membiru dikejauhan. Udara saat itu cukup dingin karena hujan yang belum juga berhenti. Jadi untuk sementara kami menunggu di dalam tenda sampai pemberitahuan saat minum the diberikan dan hujan sudah mulai reda berganti menjadi gerimis. The manis panas beserta kudapan singkong dan pisang goreng mulai menghangatkan kami sore itu.
Setelah itu sesuai dengan itinerary yang tertera di lembar acara yang telah dikirimkan melalui email, kami akan tracking menuju danau Situ Gunung yang berada di areal taman nasional gunung gede pangrango. Sayang sekali, baru saja melangkah sekitar 100 meter keluar dari area kompleks perkemahan Tanakita tiba-tiba turun hujan lebat yang menyebabkan kami harus kembali lagi ke lokasi perkemahan. Sehingga acara trekking ke danau akan dilakukan besok pagi.
Acara makan malam dengan lauk pauk yang berlimpah disajikan secara prasmanan dengan iringan music tradisional kolintang dan angklung, menambah semarak suasana. Dan setelah itu acara dilanjutkan dengan tracking malam untuk melihat jamur yang bersinar di dalam gelap dan melihat kunang-kunang. Karena hujan, kunang-kunang tidak terlihat sehingga kami hanya melihat jamur yang berpendar di tengah kegelapan.
Ternyata, masih ada makanan yang tersedia sebagai pengantar tidur. Jagung bakar dan bajigur hangat kembali menemani malam yang dingin dan mengusir lelah sehabis tracking malam. Padahal jalannya nggak jauh kok, jadi masih belum lapar. Tapi siapa yang bisa menolak kombinasi jagung bakar dan bandrek di tengah udara malam pengunungan yang dingin.
Esok paginya, pemandangan sunrise yang cantik menyambut pagi yang cerah setelah hujan semalam. Setelah sarapan kami bersiap-siap untuk menuju Danau Situ Gunung. Jalan menuju ke lokasi danau cukup luas dan sebenarnya bisa dilalui kendaraan. Tetapi dengan cuaca pagi yang cerah lebih cocok kalau berjalan kaki sambil berolah raga.
Pemandangan danau yang indah dan alami menyambut kedatangan kami , dengan latar belakang pepohonan lebat dan gunung yang membiru di kejauhan, tak bosan-bosannya saya menikmati pemandangan tersebut dan tentu saja sibuk berfoto ria.
Dengan menyewa perahu kami bisa mengelilingi danau tersebut dan membeli souvenir yang dijajakan di pinggir danau. Ada juga tukang bakso dan camilan yang berjualan, tetapi karena sudah kenyang sarapan, kami tidak membelinya.
Setelah puas kami kembali lagi ke lokasi perkemahan. Untuk yang berminat bisa meneruskan perjalanan ke air terjun Curug Sawer yang lokasinya agak jauh, harus berjalan sekitar 1 jam atau naik ojek dengan membayar 50 ribu pp. Ada pula pilihan untuk ikutan tubing di sungai dekat perkemahan atau flying fox untuk anak-anak.
Saya tidak memilih semuanya dan hanya duduk-duduk santai, minum kopi susu, memuaskan diri melihat pemandangan hijau serta udara segar pegunungan sambil membaca buku di tenda menunggu saatnya pulang.
Ternyata waktu yang diharapkan berhenti tidak mungkin terjadi sehingga sehabis makan siang kami bersiap-siap pulang.

Alamat Tanakita Campingground :

Rakata Adventure
Jl Lamandau 4, No.17, Kebayoran Baru
021-724 3252, 021-7200 469
0813 111 350 64
Email :info@rakata.co.id
www.tanakita.com
www.rakataadventure.com/tanakita


                            







         


                



                     



                     



                     



               



              


                                      


                           




                        





                            




                        



                      



                      




                        


 

                 



         
   



   



                       



 
                      


                    
















12 comments:

  1. di situgunung emang bikin kepengen waktu tidak berlalu, biar bisa berlama2 disitu

    ReplyDelete
  2. Iya nih, om, pokoknya kalo jalan2 nggak pengen pulang...

    ReplyDelete
  3. Pacetnya masih banyak gak mbak ? dulu waktu SMA sama kuliah pernah main kesini selalu ada yang kena isep tuh ......he he he he

    O ya ......mbak Vita, ada alamat web nya Rakata Adventure ? pengen tau price list sama paketnya.
    Thanks

    ReplyDelete
  4. Untung wkt jalan malam gak kena pacet, pak. Padahal habis hujan.
    Webnya www.tanakita.com atau www.rakataadventure.com/tanakita

    ReplyDelete
  5. Iya, pak, karena berada di areal taman nasional gunung Gede Pangrango.

    ReplyDelete
  6. Betul mbak, saya kesana tahun 2010....
    mungkin sekarang sudah lebih baik jalannya ya mbak..

    http://3ojo.multiply.com/photos/album/178/Biru_di_Situ_Gunung

    ReplyDelete
  7. kayaknya seru nih utk touring mobil bongsor...
    jalanannya gimana? bagus nggak? Ada parkiran yg gede ngga? :)

    ReplyDelete
  8. Parkiran di areal Tanakita ada, tapi gak terlalu luas. Tapi, bisa parkir di tempat parkir taman nasional gunung gede pangrango. Ikut dong.. hehe..

    ReplyDelete
  9. salam kenal mba,
    saya udah sering dapet email ttg tanakita ini tapi gatu lokasinya dimana :D
    Ternyata taunya sama2 di areal situ gunung yaa? padahal udah 3x ke situ gunung tapi ngga ngeh kalo ada camping ground nya :D

    ReplyDelete