Wednesday 13 October 2010

Wisata Kuliner Makassar




Libur Lebaran 2010 di Makassar, selain jalan-jalan juga dimanfaatkan untuk kulineran. Seperti biasa tiada hari tanpa makan di luar dan dari hari pertama sampe hari terakhir.

Pallu Basa
Yang favorit adalah di Jalan Serigala, milik H. Udin. Sebenernya ada juga pallu basa lain, tetapi diajaknya ke sini terus jadi terima ajalah. Pallu basa ini adalah semacam soto daging dengan kuah yang sarat bumbu dan taburan semacam serundeng di atasnya. Kalau ingin lebih gurih bisa ditambah telur ayam kampung. Hmm.. enak ..

RM Ulu Juku
Ulu Juku artinya kepala ikan. Tetapi makanan yang terbuat dari kepala ikan kakap namanya Pallu Mara. Kepala ikan kakap dimasak memakai kuah yang rasanya asam segar berwarna kuning. Daging ikan yang gurih dan empuk masih berbalut lemak ikan sangat nikmat dimakan dengan nasi panas. Sampai nambah nasi saking enaknya. Selain pallu mara tersedia juga gulai ikan kepala kakap, seperti di resto padang tetapi kuahnya tidak terlalu pekat. Semuanya tersedia di RM Ulu Juku yang baru dibuka di Jl. Racing Center 99 A, Makassar. Telp. 0411-421414. Sebenernya tahun lalu udah nyoba Pallu Mara di suatu rumah makan di Makassar, tapi rasanya memang masih kalah dengan rumah makan ini.

RM Niagara
Mampir di sini untuk menemani Siza yang sedang ngidam makan bubur ayam. Di makassar tidak seperti di Jakarta dimana tukang bubur ayam di gerobak masih tersedia sampai malam. Di sini tidak ada tukang bubur ayam gerobak jadi kalau mau makan bubur ayam harus ke resto chinese food. Salah satu yang dicoba adalah di resto Niagara, bubur ayamnya disajikan di piring besar, agak kental dan sudah dicampur dengan ati ampela, ayam, sayuran dan taburan potongan cakwe. Warna buburnya agak kekuningan. Yang awalnya tidak terlalu yakin dengan rasanya ternyata setelah dicoba lumayan enak juga. Di sini ada minuman yang saya suka, namanya Juice Kelapa.

Kedai Kopi Phoenam
Nggak pernah bosen ke sini. Es kopi susunya enak banget. Pasangan paling pas dimakan dengan roti bakar srikaya. Habis belanja di Careffour Mall Panakukang, mampir sekedar melepas lelah sambil isi perut.
Sayang banget, pemisahan ruangan untuk yang merokok tidak berfungsi, karena asap rokoknya tetap bisa terhirup dari ruangan tidak merokok. Menyebalkan.

Pusat jajanan, Jl Lasinrang
Ini juga tempat wajib untuk mengudap makanan kecil khas makassar yang bernama Jalangkote (semacam pastel), kroket, bikangdoang (semacam bakwan udang yang besar) dan lumpia khas Makassar, serta otak-otak.
Cara makan Jalangkote bukan dengan cabe rawit tapi dengan saus cabe encer yang pedas. Di sini ada beberapa kios yang berjualan, menurut saya semua sama enaknya.

Mie Awa
Terletak di jalan Bali, dibandingkan tahun lalu, rumah makan ini semakin penuh saja. Untuk tahun ini di pinggir jalan disediakan meja dan bangku plastik untuk pengunjung yang bertambah banyak. Jadi agak mengurangi kenyamanan, kalau makan harus cepat-cepat karena banyak yang antri. Tempat ini menjual bermacam-macam mie kering, ada mie kering, mie panggang (ada aroma bakar yang khas) dan mie kuah. Mienya buatan sendiri, kecil dan kenyal. Kuahnya juga melimpah isiannya, sayuran dan potongan bakso, ayam, udang, dan kekian. Nyam..nyam..

Mama Bakery
Bakery yang menyajikan kue-kue tradisional khas makassar, seperti roko-roko unti, barongko, cucur bayao dan lain-lain. Lokasinya di Jl Serui no 5. Selain kue-kue tradisional menyajikan juga es krim dengan resep jaman dulu.

Kampung Popsa
Ini tempat makan terbaru yang sedang hip di Makassar. Lokasinya yang strategis di pinggir pantai Losari, depan benteng Fort Rotterdam memang merupakan tempat untuk bersantai, makan-makan sambil melihat sunset. Merupakan food court yang terdiri dari bermacam gerai penjual makanan, dari ayam goreng, sampai bakso, dim sum, chinese food, ya kun kaya toast, es krim yoghurt dan lain-lain. Kalau datangnya kesorean pasti tidak bisa mendapat tempat duduk yang di luar karena pasti sudah penuh. Seperti yang kita alami sore itu. Yang beda adalah kalau kita ingin duduk di lantai dua, makanan yang bisa dipesan hanya dari tempat makan yang berada di lantai 2 saja.


6 comments:

  1. waaaaahhh......... ngeliatnya jadi laperrrr....

    ReplyDelete
  2. ikan pallu mara...... jd kangen masakan nyokap...
    dulu hampir tiap hari dirumahku ga pernah ketinggalan masakan ini...

    ReplyDelete
  3. semuanya keliatan enak....... bingung mau pilih yg mana......

    ReplyDelete
  4. asli jd laper beneran........ makan ah....

    ReplyDelete
  5. Mbak, sate ikan di RM Ulu Juku coba jga ... ??? mantap kan !!!

    ReplyDelete
  6. wah, nggak sempet nyobain... lain kali deh.. katanya ikan gorengnya juga enak ya?

    ReplyDelete