Thursday 26 December 2013

Wisata Alam Mangrove Pantai Indah Kapuk



Saya mendapat info mengenai tempat ini dari teman yang sudah kesana. Satu orang teman pernah mengabari via bbm tentang lokasi ini berikut fotonya. Memang terlihat menarik, apalagi setelah itu teman saya yang lain posting foto yang sama di FB. 

Kebetulan pula, awal Desember tanggal 8, saya mendapat complimentary untuk acara Colour Run and Splash yang diadakan di Waterbom Pantai Indah Kapuk. Acara larinya cukup menyenangkan walaupun agak ribet sesudahnya karena bubuk yang digunakan cukup sulit dihilangkan. Berbeda dengan lomba lari yang serius seperti yang saya ikuti sebelumnya, untuk lari fun run tidak tersedia chip tanda waktu. Jarak lari yang seharusnya 5 Km ternyata hanya sekitar 3 Km, karena hanya berlari di jalan seputaran PIK saja. Jalan juga tidak steril. Di beberapa lokasi kita dilempar oleh bubuk warna warni yang rasanya agak hangat ketika menyentuh kulit. Waktu awal lari saya sudah dilempar bubuk warna ungu, jadi ketika ada bubuk warna kuning, merah dan orange serta hijau, tidak terlalu terlihat, sehingga, ketika acara lari-larian selesai,  tubuh saya jadi berwarna dominan hijau seperti swamp things. hiks..
Ketika finish, setelah diberi waktu untuk berfoto-foto, Waterbom mulai dibuka dan saya segera masuk ke dalam mencari kamar mandi supaya bisa segera mandi. Untunglah saya lumayan cepat masuk ke dalam area kamar mandi, sehingga menjadi yang pertama kali mendapat kesempatan mandi. Walaupun belum 100 persen bersih tapi lumayanlah. 







Hari masih pagi dan saya memutuskan untuk mampir ke Taman Wisata Alam Mangrove Pantai Indah Kapuk. Karena ternyata lokasinya sudah dekat sekali dari Waterbom PIK. Sewaktu datang tadi saya melihat beberapa petunjuk menuju lokasi ini. Saya sempat menanyakan arah ke sana kepada petugas parkir supaya tidak salah dan ternyata dari  Waterbom tinggal mengikuti jalan saja sampai bundaran dan terus sampai bertemu Gedung Yayasan Tzu Chi yang besar dan megah di sebelah kanan, setelah belok kanan, lokasi nya tepat berada di sebelah kiri. 




Harga tiket : untuk dewasa Rp. 10 ribu, anak-anak Rp. 5 ribu dan Mobil Rp. 10 ribu.
Tempat parkir agak ke dalam dan tidak terlalu luas. Hanya satu mobil yang tampak. Mungkin karena masih pagi.
Ketika menuju ke tempat penjaga yang memeriksa karcis, penjaga tersebut sempat melihat kamera pocket yang dibawa teman saya. Dan ternyata jika membawa kamera digital walaupun pocket dikenakan biaya 1 juta. Wah, mahal sekali ya.. menurut info untuk harga 1 juta itu adalah untuk grup 7 orang. Mungkin untuk para fotografer pofesional dan keperluan pre wedding atau semacamnya, tapi tetap saja mahal.
Setelah melalui pemeriksaan karcis, kami mulai menelusuri jalan masuk dan dikelilingi pohon-pohon rindang. Di setiap pohon diberi papan informasi mengenai nama pohon tersebut dan nama latinnya. Tampak kandang yang berisi dua ekor monyet yang sedang bercengkrama dan ada kandang berisi kelinci yang gendut-gendut. Untuk main bersama kelinci mesti membayar lagi sebesar Rp. 2000,- Tampak seorang anak dan ibunya sedang asyik bermain-main dengan kelinci. 






Villa-villa beraneka jenis tersedia untuk disewa. Terdiri dari beberapa ukuran. Yang paling asyik sepertinya villa yang atapnya berbentuk segitiga karena letaknya yang menghadap hutan bakau.  Jembatan kayu menjadi penghubung antara lokasi utama dan area penginapan dan untuk  berjalan-jalan untuk mengelilingi areal hutan bakau ini. 






Jika ingin berkeliling areal hutan bakau dengan naik perahu disediakan perahu bermesin kapasitas 8 orang dengan biaya Rp300ribu, sementara 6 orang Rp200ribu.  Kalau perahu kayu bermesin, Rp 150ribu, sementara perahu dayung/Kano Rp 50ribu. Dengan lama perjalanan sekitar 45 menit. 







 
Sayang kemarin saya hanya berkunjung sebentar, karena anak saya sakit perut dan minta pulang. Tapi lumayan masih bisa foto-foto keadaan sekitar. Yang sangat saya sayangkan sih, misalnya vila-vila itu tidak ada yang menyewa, mudah-mudahan tidak menjadi tempat yang kumuh dan tidak terurus. Saat saya kesana pada hari minggu pagi, tidak ada tanda-tanda orang yang menginap disana.  Untuk yang ingin outbound di sini, tersedia juga fasilitas outbound seperti jembatan tali, halaman luas untuk membuat api unggun dan tempat permainan. Untuk yang ingin berkemah juga disediakan tempat tersendiri. 

Wisata Alam Mangrove PIK

Telp. 0819-32254370, 0815-8030933
Email : twa.angkekapuk@yahoo.com

No comments:

Post a Comment