Tuesday 22 April 2008

Petualangan Tintin, wartawan “Le Petit Vingtieme” Di Tanah Sovyet

Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Other
Author:Herge
Sebenernya gue belum baca buku ini, tapi rasanya udah gak sabar untuk nulis resensinya. Soalnya komik Tintin ini merupakan komik favorit jaman SMP (atau SD ya?) dulu. Hampir seluruh serinya gue punya, kecuali yang ini, Tintin di Sovyet. Tetapi yang paling mengenaskan seluruh koleksi gue tersebut raib sejak dipinjem oleh sodara sepupu gue berpuluh tahun yang lalu. Jadi begitu lihat iklan bahwa Gramedia menerbitkan ulang serial ini langsung beli.
Format majalahnya beda dari yang dulu, lebih kecil dengan cover tebal dan isinya-pun memakai kertas yang lebih tebal. Harganya untuk yang Tintin di Sovyet Rp 50.000,- sedang yang lain (baru terbit 4 buku) Rp 40.000,-
Tintin di Tanah Sovyet ini merupakan buku pertama dari serial komik Tintin, dengan pengarang Herge dari Belgia. Judul aslinya Les Aventures de Tintin reporter du “Petit Vingtieme” Au Pays des Soviets.
Komik ini merupakan seri pertama yang di buat tahun 1946 sehingga Gramedia benar-benar mencetaknya dalam format asli yaitu hitam putih. Di sini gambarnya masih sederhana sekali dan anjing Tintin namanya Milo bukan Snowy. Di sini dikutip sedikit bagian pertama dari komik : “Le Petit Vingtieme”, selalu ingin memuaskan pembaca dan memberi anda berita terbaru tentang masalah luar negeri, karena itu kami mengirimkan Tintin, salah satu wartawan top kami ke Sovyet, Rusia. Setiap minggu kami akan menyajikan berita tentang berbagai petualangannya. NB : Redaktur “Le Petit Vingtieme” menjamin semua foto autentik, diambil oleh Tintin sendiri dibantu anjingnya yang setia, Milo.

Jaman dulu gue bisa membaca ulang komik Tintin ini sampai berkali-kali dan tidak pernah bosan. Apalagi tokoh-tokohnya mempunyai karakter yang unik-unik seperti Kapten Haddock dengan sumpah serapahnya dan kebiasannya minum bir, professor Calculus, yang pendengarannya kurang jadi selalu terjadi miskomunikasi, sampai si detektif kembar identik yang culun dan telmi Thomson dan Thompson. Ada juga tokoh tambahan lain yang tak kalah uniknya yaitu penyanyi opera Bianca Castafiore yang naksir berat Kapten Haddock, ada juga Chang pemuda Tibet sahabat Tintin. Bahkan di seri Penerbangan 714, digambarkan pesawat Tintin mendarat di Jakarta.
Dalam petualangannya Tintin selalu berhadapan dengan musuh yang berbeda-beda atau dalam berada dalam situasi yang menegangkan tetapi akhirnya selalu berakhir gembira. Berkat kecerdikannya Tintin selalu mempunyai jalan keluar yang jitu dalam berbagai situasi.
Semua cerita adalah favorit bagi gue tetapi yang paling favorit adalah Petualangan di Bulan dan Tintin di Tibet, o iya, Petualangan Tintin di Kuil Matahari juga asyik. Gue juga senang nonton film kartunnya waktu diputar di TV dan ada juga Tintin versi film yang menurut gue kurang seru. Yang memerankan Tintin agak aneh dengan jambulnya yang kepanjangan.
Untuk yang ingin mengetahui lebih lanjut bisa klik di websitenya : www.tintin.com



2 comments:

  1. TINTINNNNNNNNNNNNNN, wah jangan sampe ke lewat nich

    ReplyDelete
  2. Udah baca belum ya, lupa. Dan sama, koleksi saya amblas.......

    ReplyDelete