Tuesday 22 April 2008

Acara Jalansutra di Taman Mini




Hari Minggu, janjian sama Tini di depan Indomobil Gatot Subroto, untuk berangkat sama-sama ke acara Jalansutra di TMII. Kalau Tini nggak berangkat hari Minggu, kayaknya gue milih nggak dateng karena gue paling nggak apal jalan ke TMII. Bukan daerah jajahan sih.
Sampai di TMII jam 9, tetapi jalanan yang menuju ke Plaza Arsipel atau Istana Anak-anak ditutup, pasti karena ada acara ulang tahun TMII. Karena jalan dialihkan, Tini dan gue sama-sama bingung nemuin lokasi acara sampai akhirnya kita berputar lagi keliling TMII dan sampai di jalan yang ditutup itu yang dijaga sama dua orang, 1 orang satpam dan 1 orang berpakaian seperti polisi, tapi kelihatannya sih polisi internnya Taman Mini. Tapi, gue nekat minta masuk dengan paksa, walau polisi itu berdiri tepat di depan mobil, gue nggak kalah nekatnya tetep maksa dan buka kaca sambil bilang, saya mau parkir di depan. “nggak boleh, bu, ini buat parkir VIP”. “Iya saya mau parkir diujung situ trus mau jalan.” Akhirnya, karena ngeliat kegigihan gue dia ngalah akhirnya mundur trus ngasih jalan, langsung aja gue tancap gas tanpa liat-liat ke belakang lagi. Ih siapa yang mau jalan jauh gitu dan panas-panas pula. Mendingan langsung parkir deket lokasi acara. Alhasil waktu gue sampe berbarengan ama tamu-tamu VIP. Hehe….top banget deh..kalo nggak nekat kayak gitu mungkin gue masih harus bermacet-macet ria nggak tau sampe kapan. Panasnya itu loh…sampe meleleh rasanya.
Waktu kami datang, ada permainan drumband anak-anak, ada pula reog ponorogo dan barongsay. Jalan ke dalam ada stand makanan yang udah buka, seperti soto kudus Pak Minto, Mangut, Mpok Minul dengan sayur Babancinya, Bebek Goreng Tohjoyo, Tempe Mendoan, Kambing Bakar Madu, Mie Aceh, Bubur Kambing, Masakan Jawa Timur Bhek Putra, Omah Sendok juga ikutan buka stand, trus ada stand dolanan anak-anak.
Stand Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara (Kabupaten Kolaka) makanannya belum dijual karena masih menunggu dinilai oleh tim juri, mereka ikut perlombaan karena standnya juga dihias meriah. Nama makanannya unik-unik seperti Kinowu Tawawanggole yaitu daun singkong masak di bambu, Kinowu Manu – ayam masak di bambu, Sinonggu – sagu kuah asam, Tinira Nggaluku – umbut (isi dalam bambu) kelapa muda, Kowoe Nineihi – siput sawah. Kalau masakan dari Sulawesi Barat nggak sempet nyatet, yang jelas namanya juga unik-unik.
Gue dan mbaknya Raiyan, Imas, yang belum makan dari pagi dan udah lapar berat akhirnya makan di stand Bhek Putra makanan khas Jawa Timur, gue emang udah lama pengen nyobain Kupang Lontong dan Imas nyobain asem-asem ceker. Cekernya empuk banget, walau sayang ada yang gosong, kuahnya asem seger agak pedes, enak. Sedang kupangnya melimpah di atas lontong, kecil-kecil hitam, dengan kuah warna kuning muda yang rasanya juga agak asam. Rasa kupangnya gurih tapi gue nggak abis karena lama-lama kok jadi agak mual. Mungkin karena belum makan. Bukan karena asal kupang yang konon agak menjijikkan.
Sehabis makan, gangguan pertama dimulai, anak gue rewel minta naik kereta api. Waktu pertama masuk taman mini dia udah liat rel kereta api dan sebagai pecinta Thomas kereta api sejati (Thomas adalah film anak-anak tentang kereta api) sudah pasti dia pengen naik. Tapi gue masih bisa bujuk untuk liat-liat dulu stand yang lain, di bagian sebelah kanan pintu masuk, dekat stand panitia Jalansutra dan majalah Tamasya. Terpaksa beli paket biscuit UBM seharga 10ribu demi dapat balon, trus berhenti di stand dolanan anak-anak dan beli mainan anak-anak dari kayu seharga 5000. Trus sempet liat tari saman masal di acara ultah taman mini. Dan karena anak gue udah bener-bener ngambek berat, jadilah gue nggak makan apa-apa lagi (padahal ada bubur kambing dan kaledo yang gue belum pernah coba,  hiks), dan langsung balik ke mobil. Padahal lokasi acaranya bagus untuk duduk dan bersantai-santai, tempatnya di lapangan rumput yang berbukit-bukit dan bisa liat pemandangan danau. Apalagi ada stand-stand makanan yang enak-enak.
Beruntung di deket parkir mobil ada stasiun aeromovel, sayang Raiyan nggak mau naik aeromovel, maunya naik kereta yang dibawah, katanya, jadi gue harus naik mobil sambil nyari stasiun awal pemberangkatan kereta api yang ternyata lokasinya di depan deket mesjid. Padahal sebenernya gue yang pengen naik aeromovel. Hehe…
Ternyata, naik kereta api juga asyik kok, dengan tiket Rp 5000 bisa keliling Taman Mini. Sengaja nggak naik sky lift karena sudah pernah dan udah males lagi antrinya. Mungkin lain waktu bisa datang lagi dan nyoba naik aeromovel.
Sebelum pulang pengen balik lagi ke tempat acara Jalansutra sekalian jemput Tini. Tapi membayangkan jalanan yang mungkin masih ditutup, dan ketemu sama polisi taman mini yang tadi, nggak mungkin-lah gue nekat minta dikasih masuk lagi, secara dia tadi udah ditipu ama gue, belum lagi macet karena tamu-tamu VIP bubaran acara, gue memutuskan untuk pulang. Dan itu merupakan keputusan yang sangat tepat karena begitu mobil gue keluar, barengan lagi ama mobil-mobil tamu VIP selesai acara.


7 comments:

  1. gw juga ke TMII sabtu nganter anak gw lomba lari Hardiknas. Mau mampir ke acara kuliner males karena sepi pisan

    ReplyDelete
  2. ekspressi "senang nya" Raiyan lagi di foto;p

    ReplyDelete
  3. ooh Raiyan ikut ke acara ini ya?!
    pantesan kmren pas liat cover album ini Raiyan heboh nunjuk2 balon terus bilang "Raiyan liat balon" tapi aku ga 'ngeh kalo dia mngkin pgn nyeritain balon2 di acara ini kali yaa?!!hehee. *maapkan aku Raiyan ..:) *

    ReplyDelete
  4. iya, dia minta-minta balon di sini sampe akhirnya beli biskuit demi dapat balon

    ReplyDelete
  5. Sayang gak ketemu sama mbak Maya ownernya pak Minto ya

    ReplyDelete