Thursday 24 November 2011

Sop Ubi




Sejak sering ke Makassar secara rutin 10 tahun lalu, saya belum pernah merasakan Sop Ubi ini. Di dalam pikiran saya waktu itu, Ubi adalah ubi jalar yang rasanya manis, dan masakannya menyerupai kolak yang umumnya manis. Ternyata, semuanya salah, di Makassar ubi adalah sebutan untuk singkong dan sop ubi adalah sup yang menggunkan singkong yang dipotong-potong ukuran dadu dan digoreng setengah matang. Jadi fungsinya sebagai pengganti nasi.
Sop Ubi yang terkenal dan lokasinya strategis adalah Sop Ubi jalan Datu Museng, Makassar dan untuk menuju ke sana dari jalan Datu Musseng melalui sebuah lorong sehingga di papan namanya juga terdapat keterangan Sop Ubi Dalam Lorong. Jalan Datu Museng sendiri dekat dengan Pantai Losari, tepatnya adalah jalan setelah RS Stella Maris. Saya sempat mampir ke sana 2 hari setelah Lebaran, dan ternyata masih tutup. Sampai beberapa ibu yang saya tanya berkomentar, wah sudah rindu rupanya dengan sop ubi. Halah, wong ini baru pertama kali mau nyoba. Hehe..
Rumah makannya sendiri tidak terlalu luas, hanya berukuran sepetak dengan meja dan bangku yang merapat ke dinding. Pada pagi itu pegunjung yang datang tidak terlalu ramai, hanya 4 orang termasuk saya.
Sop ubi datang di dalam mangkuk putih, terdiri dari bihun, potongan daging, toge, potongan singkong dan sebutir telur rebus. Tidak lupa irisan daun bawang dan bawang goreng sebagai garnish. Kecap dan sambal dapat ditambah sesuai selera. Saya hanya menambahkan sambal, karena ingin mencoba rasa kuah aslinya yang segar. Sambalnya lumayan pedas. Tampilannya sih sedikit mengingatkan akan soto mie di Jakarta tetapi dengan isian yang berbeda. Kenyangnya pas dan rasanya cukup nikmat ketika singkong dipadukan dengan kuah sop. Rumah makan ini buka dari pukul 7.00 – 18.00.
Di pinggir jalan Datu Musseng, ada sop ubi lain yang berjualan di tenda dan konon rasanya juga enak. Kapan-kapan mau coba yang ini ah..
Oiya, seporsi sop ubi harganya (kalau tidak salah) Rp. 15.000,-


Alamat Sop Ubi (Dalam Lorong)
Jl. Datu Museng Lorong II No. 5 Makassar
Makassar, Sulawesi Selatan
0411-2993385







No comments:

Post a Comment