Wednesday 29 March 2017

Traveling to Belitung (3)



Hari ke 3



Ah… hari terakhir datang juga.  Kami packing semua barang, langsung check out dan lanjut menuju Pantai  Penyabong yang terdapat di ujung barat pulau Belitung.

Jalan menuju ke sini masih sepi, rumah-rumah tampak jarang, kampung yang kami lewati juga hanya terdiri dari beberapa rumah saja dan terlihat sepi.  Menurut info dari Wawan sih ada hotel yang cukup eksklusif dengan private beach di daerah ini. Jadi semacam tempat untuk menyepi gitu karena memang daerah ini jauh dari pusat kota. 






 








Batu-batu besar menyambut kami ketika kami turun dari mobil.  Batu besar tersebut berada di bagian pantai sebelah kiri sehingga pantai dibagian tersebut beralas batu dan bukan pasir. Pantai yang berpasir juga ada dan terletak di sebelah kanan.  Pantai di sini tenang tanpa ombak sedikitpun. Pagi yang agak mendung membuat suasana tampak syahdu.  Kegiatan saya setelah itu adalah duduk di atas batu sambil melihat lautan lepas yang tenang.  Sebelumnya foto-foto dulu pastinya. Karena batu-batu besar yang membentuk seperti bukit saya seperti berada di atas awan nan biru. 




Makan siang kami lakukan di sebuah warung di sana. Kami memesan rajungan dan udang  untuk dimakan ramai-ramai.  Ibu pemilik warung ternyata berasal dari Jawa Tengah dan baru tinggal di Belitung selama 2 bulan menyusul anaknya yang sudah lebih dulu tinggal disana.
Kembali ke arah kota, kami menuju obyek wisata berikutnya yaitu Danau Kaolin. Danau ini adalah merupakan danau buatan yang dihasilkan bekas tambang kaolin.  Karena Kristal yang terdapat di dalam air maka air danau tampak berwarna biru muda.  Kontras dengan tepian danau yang berwarna putih. Cantik sekali. 


Selanjutnya, objek wisata terakhir pada hari terakhir perjalanan kami ke Belitung adalah kunjungan ke  rumah adat Belitung. Merupakan rumah panggung yang bangunannnya terbuat dari kayu. Di dalamnya terdapat pernak-pernik yang menunjukkan budaya Belitung yang khas, seperti pelaminan yang dipakai pada upacara pernikahan adat, peralatan makan dan baju adat khas Belitung. 


Kunjungan ke rumah adat Belitung adalah penutup dari rangkaian perjalanan kami ke Belitung hari ini. Sebagai penutup, Tour guide kami menawarkan oleh-oleh yang dibuat secara home industry berupa kue yang terbuat dari daging kepiting. Karena kami semua penasaran dan ingin mencoba sang tour guide langsung menuju ke rumah tersebut dan membeli kue kepiting itu tetapi dalam bentuk setengah matang, jadi di rumah nanti tinggal digoreng lagi.
Perjalanan menuju Bandara berlangsung singkat akhirnya tibalah akhir dari trip kami ke Belitung.  Walaupun sepertinya tadi masih lama waktu berjalan terus sehingga tibalah saatnya kami harus naik ke pesawat dan meninggalkan kota Tangjung Pandan.  Bye bye Belitung… sampai bertemu lagi.

Untuk yang berminat wisata ke Belitung bisa menghubungi :
Simphor Travel
http://www.simphortravel.com/paket-wisata.html
Kalau mau sewa mobil saja juga bisa.


No comments:

Post a Comment