Wednesday 4 January 2012

Pabrik Coklat Monggo, Kotagede, Yogyakarta


    



                                          


Sehabis mengunjungi makam Raja-raja Mataram dan sekitarnya, kami menuju tujuan selanjutnya, yaitu pabrik Coklat Monggo yang terletak di Jalan Dalem KG III / 978 RT 043 RW 10 Kel. Purbayan Kotagede.
Ternyata yang disebut pabrik coklat itu adalah sebuah rumah mungil bergaya minimalis dengan warna cat dominan cream, dengan halaman yang lumayan luas serta di lindungi dengan pohon-pohon sehingga terasa sejuk di cuaca yogya yang sedang panas saat itu.
Sebuah ruang tamu yang cozy menyapa kami begitu masuk ke dalam, dengan deretan kursi dan bantal mungil diatasnya serta contoh coklat monggo di dalam keranjang. Di dinding tergantung gambar-gambar dan artikel-artikel mengenai coklat.
Masuk ke ruang berikutnya tampak lemari dengan display kaca yang memajang aneka jenis coklat Monggo yang dijual. Bermacam-macam rasa yang unik memang menjadi ciri khas coklat produksi Indonesia ini. Menurut saya coklat Monggo adalah coklat produksi lokal yang paling enak. Tetapi melihat yang membuatnya adalah orang Belgia tidak heran jika rasanya memang enak. Tetapi jika melihat harganya memang sebanding lah dengan rasanya. Jadi berlaku motto ada harga ada rasa.
Saya membeli coklat dengan rasa Durian dan rasa cabe, karena rasa ini yang sulit ditemukan di Jakarta, serta coklat edisi Haloween. Biasanya, saya menemukan coklat Monggo di Circle K, kalau di hypermart kok kayaknya masih jarang ya. Selain coklat dengan rasa yang beraneka ragam, coklat Monggo juga menyediakan coklat untuk souvenir dan aneka jenis lainnya, seperti praline. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di website mereka http://www.chocolatemonggo.com  dimana ada cerita lengkap mengenai sejarah coklat beserta cerita seputar Coklat Monggo.
Kita juga bisa melihat proses pembuatan coklat di dapur mereka yang berdinding kaca. Mbak penjaganya sangat ramah dan ada tester coklatnya juga, jadi bisa sekalian icip-icip. Hehe..
Oh iya, menurut info dari teman, kalau hari Minggu pabrik mereka tutup, jadi jika ingin melihat pabriknya harus datang pada hari kerja.
Buat yang suka coklat mampir deh ke sini, saya titip ya..

















       





                                  




                             




                                  



                                            




                               



                      






















1 comment: