Thursday 3 January 2008

Baby Sitter Bikin Pusing

Urusan satu ini emang jadi masalah besar buat ibu-ibu bekerja yang udah punya anak. Biasalah, urusan baby sitter dan pembantu rumah tangga alias PRT.

Hal ini juga menimpa saya, sejak tiga tahun lalu ketika baru punya anak. Baby sitter pertama saya awalnya baik-baik saja, sampe lama-lama baru ketauan kalo suka membawa anak saya yang waktu itu baru 9 bulan jalan-jalan ke tetangga atau ngeceng ke satpam, tukang ojek sampe tukang bangunan deket rumah sesorean sampai saya pulang kantor. Belom lagi siangnya yang suka dibawa ke warung trus ngobrol lama-lama. Kalo ditegur mukanya langsung cemberut. Mo marah nggak sih…

Padahal di luar itu, sebenernya dia bersih banget atau keterlaluan bersihnya sampe sehari bisa berkali-kali nyuci baju, piring dan itu berarti pemborosan juga. Ditahan-tahanin deh sampe rada korban perasaan, yang penting anak ada yang ngurus, akhirnya gak tahan juga. Begitu mau pindah rumah kontrakan, kesempatan untuk mengakhiri hubungan kerja.

Penggantinya, bekas baby sitter teman suami saya, rekomendasi bagus karena dari teman suami. Rumahnya juga gak jauh dari rumah saya jadi dia bisa pulang kalo saya udah pulang kantor. Pagi-pagi baru dateng lagi. Soalnya yang ini udah punya suami. Jadi kalau bisa pulang hari moga-moga aja dia betah dan gak bikin ulah macem-macem yang menyusahkan. Baby sitter yang ini paling hafal tempat saya naro barang-barang yang saya suka lupa, jadi memudahkan sekali.

Lama-lama baru deh ketauan kalo hobbinya ijin pulang kampung dan tidak kembali pada waktunya masih terjadi juga. Ini menambah masalah yang lain lagi, terpaksa nyokap dipinjem untuk jagain si kecil. Atau suatu kali, pembantu nyokap yang dipinjem, yang karena suka nonton sinetron misteri jadinya anak saya ikutan nonton. Wuaaa….gawat nih.

Sampe akhirnya, karena udah seminggu nggak ada kabar kapan pulangnya dengan alasan neneknya meninggal, suami ambil baby sitter dari yayasan lewat koran. Beruntung, kali ini baby sitternya baik. Bener-bener beruntung karena yayasannya cuma dari iklan baris koran, kerjanya rajin, bersih, sabar, kalo pulang nggak molor,  walau emang sih masih ada kurangnya juga….ya iyalah, manusia kan tidak ada yang sempurna.

Ini cerita ttg baby sitter saya ke dua itu yang suka molor pulangnya. Akhirnya dia balik lagi kerja di temennya suami saya. Nggak tau juga deh, kenapa dia mau mempekerjakan baby sitter itu lagi, karena waktu keluar modus operandinya sama, pulang kampungnya lama, nggak balik-balik. Sampai akhirnya kemarin, dengan alasan neneknya sakit (kali ini nenek suaminya) dia memaksa pulang kampung, disuruh tunggu sampai dapat gantinya nggak mau karena udah ditunggu sama suaminya di stasiun. Terpaksa, temennya suami saya akhirnya ngasih warning, dan keluarlah dia. Untuk kedua kalinya dari majikan yang sama.

Akhirnya saya yang ketiban pulung, dimintain tolong nyariin pengganti, udah kayak makelar aja. Untungnya dapet. Pembantu saya yang tinggal deket baby sitter yang keluar itu ketemu deket rumahnya, nggak lagi di stasiun tuh, bener-bener alesan ajah.

Padahal apa coba kurangnya, gaji udah gede, tiap weekend bisa pulang, kadang-kadang suaminya bisa nginep segala, sempet dikasih kompor gas, fan, dispenser bekas, busyet, kurang apa coba, teteup ajah… banyak ulah. Nggak mikir apa cari kerja sekarang susah. Udah dapet kerja enak masih aja banyak tingkah. Heran deh sama orang kayak gini. Apa sih yang ada di otaknya. Emosi dot com.      

3 comments:

  1. sama mbak..........bikin pusing emang....sabar yaaa.....

    ReplyDelete
  2. Ya ampun tonk dari dulu masalah lo gak beranjak dari baby sitter he....he...... udah buka agen aja sekalian gih.......lumayan dapet tambahan duit plus bisa ambil stocknya sekalian, kalo baby sitter lo kabur he....he......

    ReplyDelete
  3. Masalah setrikaan kali tonk...makanya mereka gak betah...hihihi

    ReplyDelete