Thursday 6 May 2010

Museum Joang '45




Gara-gara acara Just Travelers di Gedung Joang '45 saya jadi tertarik untuk mengunjungi musium ini. Sewaktu hari Minggu datang ke Just Travelers, sudah niat mau mampir, eh ternyata, pas jam 12 mereka tutup karena petugasnya makan siang. ya sutralah.. akhirnya pintong makan siang ke gado-gado bonbin.
Kesempatan ke musium ini malah datang 2 hari kemudian, kebetulan ada teman yang mau ke sana juga.
Hmm.. seperti museum di jakarta pada umumnya, suasana sangat sepi, sewaktu saya datang hanya 1 orang pengunjung, seorang bapak, yang terlihat sangat tekun mengamati seluruh isi ruangan. Mungkin beliau adalah mantan prajurit TNI dan datang untuk bernostalgia.
Dahulu, museum ini adalah bekas hotel bernama Schomper 1 yang dibangun khusus bagi pejabat tinggi Belanda,pengusaha asing dan pejabat pribumi. Ketika Jepang menjajah Indonesia, hotel ini dikuasai oleh pemuda Indonesia dan dijadikan asrama dan tempat pendidikan nasionalisme para pemuda Indonesia. Hotel Schomper 1 kemudian berganti nama menjadi Gedung Menteng 31 dan menjadi Museum Joang 45 yang diresmikan pada tanggal 19 Agustus 1974.
Para tokoh pada jaman itu seperti Soekarno, Mohammad Hatta, Adam Malik, Chaerul Saleh, BM Diah, SK Trimurti, Achmad Soebardjo, Sukarni, Wikana dan Chairil Anwar, patung diri dan foto-fotonya terdapat di museum ini.
Koleksi museum cukup lengkap dan beragam, terdapat tanda jasa salah satunya dari dokter yang merawat presiden Soekarno, perlengkapan perang berupa pedang dan senapan, serta helm baja yang juga berfungsi sebagai mangkok untuk memasak makanan. Terdapat mesin jahit tua yang dipergunakan untuk menjahit baju-baju para prajurit dan celana panjang yang konon pernah dipakai bung Karno saat membacakan teks proklamasi.
Ada pula mobil kenegaraan bung Karno dan bung Hatta pada saat itu serta para pengunjung bisa mengakses pidato bung Karno yang terdapat pada sebuah komputer lengkap dengan speaker yang sudah disediakan. Ingin mendengarkan pidato Nasakom bung Karno yang terkena tersebut?
Silahkan datang ke museum ini.


Berikut alamat lengkapnya :
Museum Joang '45
Jl. Menteng Raya No 31
Jakarta Pusat
Telp (021) 3909148, Fax (021) 3923185
email : museumjoang45@telkom.net

No comments:

Post a Comment