Wednesday 19 November 2008

Perpanjang SIM di mobil SIM Keliling

Ternyata bulan ini SIM gw sudah habis masa berlakunya. Setelah mencari ke Mr Google tentang informasi perpanjang SIM di mobil SIM Keliling, di dapat lah informasi apabila ingin mengetahui tempat-tempat SIM Keliling ini berada bisa sms ke nomor 1717. Setelah SMS, yang ternyata di reply dengan cepat, didapat informasi untuk daerah Jakarta Pusat yang relatif dekat rumah,  mobil SIM keliling ini berada di depan gedung Pelni Jalan Gajah Mada. Untuk jam bukanya mulai dari jam 8 pagi sampai jam 1 siang.

Jam 8.15 gw udah sampai di lokasi. Sempat nyasar ke mobil keliling untuk STNK yang ternyata dipisah untuk perpanjang SIM dan STNK, ada mobilnya sendiri-sendiri.

Pertama, menyerahkan SIM yang sudah habis masa berlakunya dan KTP asli kepada petugas yang berjaga, dan kemudian akan difotokopi oleh beliau. Di sana ada mesin fotokopinya, jadi nggak usah repot menyiapkan fotokopi terlebih dulu. Jangan lupa, menyerahkan uang Rp 2000 untuk formulir dan iuran sukarela untuk PMI. Kita juga  disuruh tanda tangan di lembaran kertas kuning. Setelah mengisi data-data pemohon SIM dengan lengkap, formulir itu lalu diserahkan kepada petugas yang berada di dalam mobil untuk di proses lebih lanjut. KTP asli dan kertas kuning bertanda tangan dibawa oleh kita untuk diserahkan nanti ketika kita hendak difoto.

Menunggu sekitar 1 jam, mulailah para pemohon SIM dipanggil satu persatu masuk ke dalam mobil SIM Keliling yang didalamnya telah diubah menjadi tempat mengambil foto dan memroses SIM.

Sebelum mengambil foto, petugas akan konfirmasi ulang data-data pemohon SIM supaya tidak ada kesalahan cetak, lalu setelah difoto, melakukan pembayaran sebesar Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah saja) dan taaraaa... selesailah SIM baru gw. Masih hangat seperti keluar dari penggorengan, hehe...

Masih ingat, lima tahun lalu sewaktu perpanjang SIM, mesti ke polres Jakarta Selatan di samping grand wijaya trus masih pake calo pula dan bayarnya mahalll...tapi sekarang lumayanlah...ada kemajuan buat polisi Indonesia.

Tapi SIM Keliling ini cuma buat SIM yang masa berlakunya belum kadaluarsa alias belum telat. Kalo udah telat sih mesti ke Daan Mogot sana kayaknya  dan disana nggak tau deh... prosesnya gimana.

12 comments:

  1. info penting nih...,mumpung bentar lagi nasib sim saya juga mau abis baterainya he..he.. thanks

    ReplyDelete
  2. mau tanya ke 1717 ah kalo untuk daerah jaksel dimana, thanks ya infonya.

    ReplyDelete
  3. setauku kalo telat kan kita suruh ke samsat ya... nggak bisa di mobil keliling. kalo sampe kita disuruh ke samsat berarti kita pake acara ngetes kaya mau ambil sim baru... tanteku mengalaminya, dia telat cuma 1 minggu... itungannya kadaluarsa... jadi suruh ke samsat dan menjalani test dari awal... uahhh kebayang kan capenya.

    ReplyDelete
  4. heheheh.. kalau SIM di perpanjang pastinya dirimu mau ULTAH nich hahahahaha .. ketahuan deh...

    ReplyDelete
  5. Selamet ya jeng.....
    selamet dapet SIM baru & selamet HUT....eh masih tiga hari lagi ya....... :P

    ReplyDelete
  6. hari sabtu juga ada kok, dr jam 8 sampai 11 siang, jd kalau nggak bisa hari biasa bisa dateng hr sabtu

    ReplyDelete
  7. biasanya di halaman TMP Kalibata atau di KB Ragunan

    ReplyDelete
  8. iya mesti ke Daan Mogot, tp kalo mesti tes dari awal ribet banget ya...biar pake calo kali.

    ReplyDelete
  9. tanggal berapa ya... *amnesia mode on*

    ReplyDelete
  10. wah jadi semakin nekat nih liburan tahun barunya...

    ReplyDelete