Sunday 4 March 2012

Weekend @Cikole, Lembang







Weekend kali ini ternyata ada kesempatan untuk meninggalkan Jakarta, walaupun hanya ke Bandung. Ajakan dari Finka sudah dari dua minggu sebelumnya. Sayang, sewaktu hari H tiba Maura sakit, jadi hanya Raiyan saja yang ikut. Soalnya Raiyan mana mungkin ditinggal kalo weekend.
Berangkat dari Jakarta jam 8 pagi, Tol Cipularang lumayan lancar dan sampai di Bandung sekitar jam 10an. Acara pertama ke kawinan di sebuah hotel daerah Cihampelas sampai sekitar jam 1an, setelah itu sempet mau mampir ke rumah temennya Finka yang ibunya baru saja meninggal, ternyata sudah keburu dibawa ke makam sehingga kami memutuskan untuk langsung ke lokasi acara di Cikole, Lembang.
Ini adalah acara milik PMR SMA 1 Bandung, yang akan melantik anggota-anggota baru, karena saya diajak ya ikut aja.
Perjalanan menuju Lembang lancar jaya, dan sempat mampir di pasar lembang untuk minum susu dan makan ketan serta tape bakar. Hmm.. asyik deh, makan sambil duduk santai di warung kecil dan melihat keramaian pasar.
Akhirnya sampailah kami di area Wana Wisata, Cikole, Lembang. Lokasinya tepat di sebelah areal Tangkuban Perahu. Baru tau kalo di sini ada lokasi perkemahan, yaitu Wana Wisata Cikole yang dikelola Perhutani dan Grafika Cikole, Lembang. Karena kami datang lebih dulu jadi mempunyai waktu untuk melihat-lihat suasana. Yang pertama kami datangi adalah Grafika Cikole, yang lumayan luas lokasinya. Berada di tengah hutan pinus, terdapat fasilitas rumah makan, flying fox yang lintasannya cukup panjang, ATV serta penginapan dengan model rumah-rumah pondok kecil dari kayu dengan harga mulai dari Rp. 300 ribu per malam.
Ternyata, setelah bertelpon ria, lokasi perkemahan siswa PMR tersebut di sebelah Grafika ini, yaitu Wana Wisata Cikole yang dikelola Perhutani. Kalau di sini, hanya ada fasilitas penginapan saja, berupa pondok-pondok dari kayu dengan beberapa pilihan kamar. Kebetulan ada beberapa pondok berkamar 1 yang kosong. Jadi yang nginep di tenda itu hanya siswa-siswanya saja, alumninya sih bisa nginep di penginapan. Bagus deh, soalnya udaranya dingin banget, males aja kalo nginep di tenda.
Paginya, bisa naik kuda di sekitar penginapan, ke arah Tangkuban Prahu atau ke arah Lembang untuk menikmati tempat-tempat wisata di sana.



                        

















 Dalam perjalanan pulang ke Jakarta, kami mampir ke Tahu Susu Lembang, karena penasaran dengan rasanya.
Di area Tahu Susu Lembang ini ternyata tidak hanya menjual tahu susu saja. Tetapi sekaligus sebagai tempat pembuatan tahu tersebut. Kita bisa melihat bagaimana proses tahu susu tersebut dibuat. Pemiliknya pun dengan ramah menemani pengunjung dan memberi penjelasan mengenai tahu susu tersebut.
Di lokasi yang sama dijual pula beraneka macam makanan yang berbahan dasar tahu susu serta tahu susu yang sudah digoreng lengkap dengan cabai rawitnya. Enak deh, tahunya lembut dan langsung lumer di lidah.
Dijual pula susu jagung dan bandrek serta bajigur dan ada pula permainan ATV serta factory outlet. Jadi semuanya ada lah, lengkap.










 
Setelah Raiyan puas bermain ATV, kami menuju ke tempat selanjutnya, kami ingin mencicipi Rits Ice Cream di Jl. Setiabudi. Cuaca Bandung yang panas pasti asyik kalo sambil makan es krim dan di sana juga dijual makanan lain selain es krim, jadi bisa sekalian makan siang.
Dari arah Lembang lokasinya berada di sebelah kanan jalan, papan namanya tidak terlalu besar, sehingga harus awas melihat ke sebelah kiri.
Pilihan es krim home modenya beragam dan semuanya terlihat enak. Saya memesan Banana Caramel dan Finka memesan Sosis. Es krimnya memang beda, karena homemade jadi terasa lebih ringan dan segar. Apalagi es krim mangganya,yang di pesan Finka.
Setelah makan es krim, sempat mampir membeli batagor Kingsley yang membuka outlet di deket FO Rumah Mode, trus langsung menuju tol Cipularang menuju Jakarta. Takut macet kalo sore-sore.


                      






                             


                     

                        





                       

 


                          


                



                    



                    


            


                                    


                        


                                     











4 comments:

  1. yuk saling berbagi tempat wisata murah meriah. Ayo gabung bersama kami sebagai bentuk dukungan anda terhadap pariwisata di Indonesia.

    ReplyDelete
  2. keren nih wisata alam bandung kayak kebun teh ini. nice post :)

    ReplyDelete