Wednesday 22 December 2010

Nonton Semi Final Piala AFF di Senayan



Akhirnya, Indonesia masuk ke Semi Final Piala AFF setelah dalam tiga pertandingan sebelumnya selalu menang, maka mulailah banyak pendukung Timnas Indonesia yang tertarik untuk menonton. Termasuk saya, penonton bola kagetan. Untung, ada temen yang nawarin untuk secara kolektif membelikan karcis masuk. Untuk tiket kelas 3, harganya Rp. 50.000, di tribun yang paling atas. Nggak apa-apalah, nonton dari tribun nan jauh di atas, yang penting bisa nonton di stadion, kapan lagi prestasi Timnas Indonesia bisa bagus begini. Sebelumnya kan kalah melulu, bikin males nonton.
Sebenernya saya tidak suka nonton bola. Terakhir nonton sepak bola, pas ada even piala dunia. Itu juga karena ada kiper Spanyol yang cakep Kak Silas dan nontonnya juga dimulai pas semi final dan final aja. Tapi itu kan di TV. Kalau kali ini bisa nonton di stadion secara langsung. Pasti seru banget. Keriaan mendadak masyarakat baik yang senang menonton pertandingan sepak bola maupun suporter kagetan yang terkena euforia disebabkan karena tahun ini mendadak Tim Nasional Indonesia berhasil menaklukan lawan-lawannya tanpa pernah mengalami kekalahan. Dan akhirnya sampai di pertandingan semifinal melawan Philipina. Terus terang, sebelumnya saya tidak mengetahui satupun nama pemain timnas sepakbola kecuali Markus Horison, itu juga karena dia baru saja menikah dengan artis Kiki Amalia dan Bambang Pamungkas yang memang sudah lama bermain dalam timas. Maklumlah, sebelumnya kan Indonesia selalu kalah jadi pemain-pemainnya kurang dikenal. Setelah beberapa kali menang, mungkin memang sudah waktunya,supaya Timnas lebih dikenal oleh rakyat yang haus akan prestasi olahraga yang cemerlang di negeri sendiri. Jadi yang sebelumnya saya tidak tahu siapa saja pemain-pemain timnas, akhirnya mulai mengenal siapa itu Firman Utina, Ahmad Bustomi, apalagi sekarang ada si brondong imut Irvan Bachdim dan pencetak gol terbanyak Gonzales.
Jam 5 sepulang kantor, langsung ke kantornya Deedee di Menara Bank Mandiri, yang lokasinya pas depan pintu masuk ke Senayan. Nontonnya emang bareng dia dan teman-temannya. Dari sana kan udah deket, tinggal nyebrang jembatan penyeberangan, bersama ratusan orang lain berpakaian merah untuk menuju pintu masuk GBK. Wiiih... itu aja udah berasa banget serunya, sepanjang jalan ke Stadion banyak yang menjual atribut berbau Timnas, seperti kaos, jaket, slayer, tulisan Indonesia, stiker, kalender, topi dan banyak lagi. Penontonnya juga dari berbagai kalangan, tua, muda, anak-anak, bahkan ada suami istri yang membawa anaknya yang masih bayi. Semuanya bersemangat. Ditambah lagi kru-kru dari stasiun televisi yang bersliweran, siap menangkap momen-momen keriaan tersebut membuat para penonton menjadi narsis.
Seteah saling menunggu teman-teman yang belum datang, kami masuk ke stadion 15 menit sebelum pertandingan dimulai. Jadi sudah tidak terlalu berdesakan lagi. Malah lokasi kami duduk di stage 12 masih kosong. Ini lokasinya tepat di belakang gawang. Keadaan stadion benar-benar semarak, ada penonton yang menyalakan kembang api, belum lagi yel-yel In-do-ne-sia berkumandang bersahut-sahutan. Sebelum pertandingan dimulai, diputar dulu lagu kebangsaan dari kedua negara dan semua penonton serempak menyanyikan lagu Indonesia Raya, wah, sampai merinding dengernya, benar-benar membangkitkan rasa nasionalime. Jadi berpikir, terakhir, kapan ya, menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama, sepertinya sih waktu upacara bendera jaman SMA dulu. Jadi udah lamaaa sekali.
Dan ketika akhirnya tercipta gol ke gawang lawan, stadion terasa bergetar karena gemuruh suara suporter berteriak-teriak dan meniup terompet ditambah ada yang menyalakan suar api, suasana menjadi tambah meriah. Seruu bangettt.. Daripada menonton pertandingan, saya lebih memilih untuk melihat keadaan sekeliling, spanduk-spanduk yang dibawa suporter, dan keadaan stadion berwarna merah.
Sampai akhir pertandingan kedudukan 1-0 untuk Indonesia. Dan untuk leg kedua pada pertandingan hari Minggu, saya tidak menontonnya, padahal Indonesia menang juga. Pasti suasana di Senayan lebih heboh, tetapi karena memang hanya ingin merasakan sensasi menonton sepak bola di Senayan satu kali itu saja, saya lebih memilih nonton di rumah.
Sayang akhir perjalanan timnas Indonesia tidak seindah prosesnya, setelah di Malaysia mengalami kekalahan 3-0, pada pertandingan di leg 2 di GBK, walaupun menang 2-1 tetap tidak menjadi juara karena kalah dalam perolehan gol. Tetapi tetap salut untuk timnas kita yang telah berhasil menyatukan masyarakat Indonesia menjadi lebih kompak. Berhasil mendewasakan suporter Indonesia, yang walaupun kecewa karena timnya kalah, tidak melakukan aksi-aksi yang negatif. Mudah-mudahan untuk kedepannya, sepak bola Indonesia menjadi lebih baik dan lebih maju dari sekarang sehingga bisa membanggakan seluruh rakyat Indonesia.







1 comment:

  1. Jadwal film bioskop lengkap hari ini + harga tiket.https://nontonmovie13hd.com/ Jadwalnonton memudahkan kamu mencari jadwal film dan harga tiket di seluruh indonesia meliputi xxi, cgv, cinemaxx, new star cineplex (nsc), platinum cineplex, flix cinema dan lainnya. Jadwal terupdate setiap hari dan kamu juga bisa mencari bioskop terdekat dari tempat kamu berada. Hari ini, film ‘calon bini’ tayang perdana di yogyakarta. Hari ini, film ‘calon bini’ tayang perdana di yogyakarta. 5 februari 2019. Yogyakarta yogyakarta menjadi lokasi penayangan perdana film ‘calon bini’.https://nontonmovie13hd.com/ Film bergenre drama komedi mulai diputar di bioskop xxi jogja city mall hari ini, selasa 5 februari 2019.https://nontonmovie13hd.com/ Google.https://nontonmovie13hd.com/ Search the world's information, including webpages, images, videos and more. Google has many special features to help you find exactly what you're looking for.https://nontonmovie13hd.com/ Jadwal film bioskop cinema xxi pekanbaru terbaru maret 2019.https://nontonmovie13hd.com/ Tanggal 1 july 2014 adalah hari terakhir beroperasinya cinema xxi di tempat ini.https://nontonmovie13hd.com/ Mayoritas filmfilm yang diputar di cinema xxi merupakan filmfilm hollywood, baik yang terbaru, ataupun yang telah tersimpan lama.https://nontonmovie13hd.com/ Namun beberapa xxi juga turut memutar film indonesia, sesuai dengan lokasi dan pasar pengunjung pusat perbelanjaan yang bersangkutan.https://nontonmovie13hd.com/ Miung. Manfaat memakan buah kurma setiap hari buah kurma, buah yang identik dengan umat islam, yang berasal dari timur tengah ini pasti anda s.https://nontonmovie13hd.com/ Msn indonesia berita gaya hidup terbaru hari ini, zodiak.https://nontonmovie13hd.com/ Berita gaya hidup terbaru hari ini, zodiak, kesehatan, relationship, griya, kecantikan, keluarga, travel, kuliner, video & foto msn indonesia.https://nontonmovie13hd.com/

    ReplyDelete