Saturday 14 August 2010

Tips Diet

Untuk pertama kalinya setelah sekian lama mempunyai berat normal antara 47-48 kg, berat badan saya naik menjadi 50. Memang cuma naik 2 kg, tapi karena saya pendek, terlihat jelek sekali, apalagi pinggul saya besar, dan gemuknya di sekitar perut. Sehingga tambah tidak proporsional sama sekali.
Gimana nggak naik, kerjanya makan terus. Kebetulan sedang sering diajak ketemuan sama teman sepulang kantor dan pasti dilanjutkan makan-makan. Ditambah lagi saya juga lagi senang mencoba resep. Dan yang dicoba adalah Tiramisu dan Cheese Cake! Yang kalorinya tidak terkira banyaknya, apalagi dimakan tiap hari. hehe...

Awalnya saya mencoba detoks ala pak Bondan Winarno, 2x24 jam hanya minum juice setiap 2 jam sekali. Juicenya bisa memakai juice literan yang dijual di supermarket, dengan pilihan yang unsweetend. Sampai sekitar jam 4 sore saya masih bisa bertahan, tetapi karena harus lembur, pertahanan saya jebol juga karena teman-teman kantor memesan indomie rebus. Bayangan indomie rebus dengan telor yang kuningnya 3/4 sehingga masih kental dan taburan cabai rawit iris benar-benar menggoda iman. Alhasil, detoks gagal pada hari pertama.
Tetapi saya sempat merasakan efek detoks yang memang membuat agak lemas dan pusing. So, indomie rebus sore itu adalah indomie rebus yang paling enak sedunia.

Tiba-tiba saya ingat dengan metode diet yang pernah saya baca di majalah Fit, yaitu metode diet pisang, yang kemudian saya kombinasikan dengan tips diet dari Dr Phaidon Toruan yang sering menulis di milis majalah Fit. Sehingga di hari berikutnya saya memutuskan untuk mencoba diet tersebut.
Sarapan : makan satu buah pisang ambon dan minum air putih
Siang : selembar roti tawar gandum dengan sayuran.
Malam : saya hanya minum susu low fat dan kalau lapar sekali saya makan nutri jell yang dibuat dengan gula sedikit saja. Atau kalau benar-benar lapar saya makan sepotong crackers.

sebenarnya untuk hasil terbaik disarankan untuk tidak minum manis, tetapi karena saya maniac kopi, saya tetap minum kopi 3 in 1 di siang hari.
Untuk roti gandum bisa diganti dengan nasi merah, oatmeal, atau kentang yang direbus, pokoknya jangan makan nasi putih, karena nasi putih adalah karbohidrat murni yang membuat tubuh mudah menjadi gemuk.

Berkat diet seperti di atas, akhirnya saya berhasil menurunkan berat menjadi normal dan mudah-mudahan bisa turun lagi menjadi 45, berat badan ideal jaman dulu. Mengingat sudah bulan puasa, mudah-mudahan bisa turun lagi deh....
Kunci sukses diet hanya 1 : disiplin, karena sekali kita tergoda makan yang lain, pasti diet kita akan gagal.

10 comments:

  1. padahal kelihatan bagus lho...., waktu ketemu di taman langsat

    ReplyDelete
  2. aku coba diet apapun itu selalu GATOT... :(
    pernah sampe pada 1 titik pembelaan diri dimana diet = boong bgt... apaan tuh... gak bisa banget, udahlah makan... ya makan ajah, idup sekali ini... sampai akhirnya badan membengkak dan ngosngosan di lapangan futsal... aku ketemu temen dan nyobain apa yang dia cobain... hasilnya berat turun dan ngga naik lagi...

    pagi: sebelum sarapan ada ritual minum aer 1 gelas, tunggu 5 menit minum lagi 1 gelas, abis itu buang air kecil... abis BAK minum lagi segelas... tunggu 1/2 jam baru makan buah (buahnya: apel, pisang, kiwi, peach, berry-berry-an, pepaya, pilih 2 macam buah dari buah yg disebut tadi... kombinasi terserah), tunggu 15 menit dari kita makan buah baru kita makan karbohidrat dengan sayuran (terserah apa aja, yang penting tidak mengandung daging2an)
    siang: 20 menit sebelum makan siang minum aer 1 gelas... baru kita boleh mengeksekusi protein, sedikit lemak-lemakan dan sayuran.
    malem: 20 menit sebelum makan malem minum aer 1 gelas... baru kita bisa melahap buah-buahan dan sayuran.
    selingan antara makan pagi dan siang bisa minum susu/ makan buah... selingan makan siang dan malam bisa lah ngopi2 / ngeteh dikit ditemani tidak lebih dari selembar crackers. keju2an dan makanan enak lainnya dimakan pada jam makan siang, yang penting selalu ada salad-nya. setelah makan malam dengan batasan jam 7 paling telat. kalo masih lapar setelah jam 7 tinggal makan sayur2an... ngomong kopi aku addicted... yang ini kudu harus wajib hukumnya... kalo ngga bisa bloon seharian... kopiku selalu black coffee without sugar/duppio espresso... btw every saturday and sunday... bolehlah kita sedikit memanjakan lidah... ;)

    ReplyDelete
  3. ih pak kapten, itu efek baju aja, jadi gak kliatan gemuk... padahal sih..

    ReplyDelete
  4. terima kasih tips dietnya, sekarang lagi berusaha supaya bisa turun lagi nih... :)

    ReplyDelete
  5. coba ahhhhhhhhh...keren euy vita bisa sukses :)

    ReplyDelete
  6. bukannya lo juga sukses, tin? pernah turun juga kan?

    ReplyDelete
  7. sudah lama nggak ngelongok MP, kebetulan ada tips diet darimu nich Vit ... mo coba dech setelah detox dulu minggu depan ... biar lebih lancar ngeluarin racunnya :)

    nyontek ya .... and makasih sudah sharing :)

    ReplyDelete
  8. iya, mbak. kalo kuat detox 2 hari itu resepnya pak Bondan, 48 jam cuma minum juice aja tiap 2 jam. Aku belum nyoba lagi soalnya. Pas puasa ini kayaknya udah lumayan turun karena perutku udah langsing lagi. hehe.. kalo malem selain bisa makan buah-buahan juga, soalnya aku nggak suka buah sih..

    ReplyDelete