Sunday 4 January 2009

Liburan Akhir Tahun Yogya - Solo (Bag 2)




Tujuan awal pagi ini adalah sarapan di Gudeg Nggeneng, makan di dapurnya Mbah Martodiryo, yang juga terkenal dengan mangut lelenya. Tetapi sayang sekali, begitu sampai di sana ternyata masakan belum matang… Terlihat mbah Marto masih sibuk memasak di wajan besar dengan tungku kayu bakar. Masih sekitar 1 jam lagi baru matang, jadi daripada kelamaan nunggu, kami menuju ke pantai Depok, Parangtritis. Di sini ada tempat pelelangan ikan, dimakan setelah pembeli memilih aneka hasil laut seperti ikan dan udang yang banyak dijual, lalu bisa minta dimasakkan di salah satu warung yang ada di pinggir pantai.
Setelah puas makan dan main di pantai, diperjalanan pulang mampir lagi di Gudeg Nggeneng tapi sayang, kali ini….mangut lelenya udah habis!!… Ih sebel banget deh.. Yah terpaksa, makan dengan lauk gudeg nggeneng-gudegnya memakai daun pepaya, plus opor ayam. Memilih makanannya juga unik langsung di dapurnya si Mbah, jadi gw sempet berfoto ria dengan beliau, hehe… Jadi inget eyang….
Sewaktu pulang, pasokan lele mentah baru datang untuk dibuat mangut lagi. Dasar nasib, belum jodohnya makan mangut lele. Dateng kepagian belum mateng, dateng kesiangan udah abis.
Dalam perjalanan pulang, mampir dulu ke rujak es krim, di Pakualaman, karena kebetulan pakualaman ini dekat dari rumah. Rujak serut yang dicampur gula merah dan dimakan dengan es krim. Es krimnya model es puter yang memakai santan jadi ya rasanya campur-campur kayak permen nano-nano.

Setelah beres-beres dan packing kilat, dengan di antar pak supir sampai di stasiun Lempuyangan untuk naik kereta Pramex alias Prambanan Express ke Solo. Ongkosnya Rp 7000. Ini mirip kereta Pakuan, Jakarta-Bogor. Stasiun Lempunyangan ini paling dekat rumah, jd tidak perlu ke stasiun Tugu.
Sekitar 1 jam perjalanan naik kereta sampailah di Solo dan dengan naik taxi menuju hotel Fortuna. Hotelnya ternyata termasuk hotel dengan bangunan lama, kelas melati, tapi cukup bersih dan dekat pusat kota, dan ketika jam 7 kami hendak keluar makan malam ke Gladak, hotel ini sudah menolak tamu karena fully booked. Maklum lagi liburan jadi hotel-hotel pasti penuh.
Dengan jalan santai sekitar 15 menit sudah sampai ke Galebo, Gladak Langen Bogan, tempat berkumpulnya segala macam makanan khas di Solo. Pilihannya banyak banget dan bikin bingung. Tapi gw akhirnya memilih minuman Gempol Plered, Cabo Rambak, dan Sate Kere Yu Rebi. Gudeg ceker terpaksa lewat karena perut sudah kenyang.

Paginya, sarapan nasi liwet yang dibelikan tante di tukang jualan nasi liwet yang biasa mangkal deket hotel trus sekitar jam 10, check out dan menuju Pusat Grosir Solo, untuk beli batik, udah nggak sempet ke Laweyan atau pasar yang lain, karena mengejar kereta ke Yogya biar nggak terlalu sore. Begitu sampai stasiun ternyata masih ada sekitar 1 jam lagi baru ada kereta berikutnya, jadi untuk makan siang beli timlo dulu di RM Timlo Solo, RM ini yang paling dekat stasiun, kalau timlo sastro agak jauh sih. Tapi nggak menyesal karena rasanya juga enak, kuahnya seger banget.

Malemnya karena udah capek, cuma beli makan di halaman pura Pakualaman yang banyak terdapat tukang jualan, beli brongkos dan belut goreng. Karena bertepatan dengan malam 1 Suro ada pagelaran wayang kulit di halaman pura jadi rame banget.

Akhirnya, hari terakhir di Yogya, sebelum menuju ke stasiun, mampir ke daerah Patuk untuk beli oleh-oleh, bakpia, ampyang, brem solo dan geplak. Kereta Argo Lawu telat hampir 1,5 jam karena ada penggantian gerbong. Kalau dibandingkan Taksaka, Argo Lawu jauh lebih nyaman, jadi biar harus menunggu lama nggak masalah. Yang sama tetap makanannya yang nggak ada rasanya.

12 comments:

  1. Wah seru nih liburan akhir tahunnya...
    Aku dan keluarga juga habiskan liburan di Yogya....seru...

    ReplyDelete
  2. iya....secara liburannya emang panjang... waktu yg pas buat liburan

    ReplyDelete
  3. Vit, rujak es krim gimana tuh rasanya? tolong direview ya :-D

    ReplyDelete
  4. ya campur-campur gitu deh rasanya... hehehe..... asem, manis, pedas, gurih..

    ReplyDelete
  5. sate yu rebi... uenak Er...aku termasuk penggemar

    ReplyDelete
  6. aku kerep maem ini, kalo pas kerumah mertua...

    ReplyDelete
  7. wow..woww... yang habis liburan...
    tau gitu gabung aku hunting makanannya

    ReplyDelete
  8. iya, mbak, kemaren udah kepikiran mau janjian di Solo, tapi detik2 terakhir mau liburan lupa... mana daftar makanan di solo ketinggalan pula... untung tujuan utama cuma ke Gladak ini dan banyak macem2 makanan. Pagi-siangnya yang bingung makan di mana, krn transportasinya cuma naik becak, jd cuma sempet ke Timlo Solo aja deh...

    ReplyDelete
  9. satenya enak, mbak, besar2 pula, puas banget deh!!

    ReplyDelete
  10. satenya enak ya, mbak, besar-besar potongannya, puas makannya.... tapi agak manis siih...

    ReplyDelete
  11. kalo cabo rambaknya yang di sini dikit banget porsinya...

    ReplyDelete
  12. nyari Escargot nggak usah jauh2 ke Perancis yah, hehe

    ReplyDelete